Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Jurusan Kuliah yang Banyak Peluang Kerja

Kompas.com - 15/02/2024, 19:10 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Siswa yang tahun ini akan kuliah, prospek kerja suatu jurusan yang akan kalian pilih wajib jadi bahan pertimbangan.

Dengan memilih jurusan kuliah yang banyak peluang kerja, setelah lulus kamu tak perlu bingung mencari pekerjaan.

Karena keterampilan yang dimiliki lulusan jurusan ini akan banyak dibutuhkan oleh dunia kerja.

Lantas apa saja jurusan kuliah yang banyak peluang kerja dan bisa jadi bahan pertimbangan para calon mahasiswa?

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Bidang AI, Lulus Punya Peluang Kerja Tinggi

Jurusan kuliah yang banyak peluang kerja

Dilansir dari laman Universitas Sains dan Teknologi Komputer, Kamis (15/2/2024) menerangkan beberapa jurusan kuliah yang banyak peluang kerja.

Calon mahasiswa yang masih galau memilih jurusan kuliah bisa mempertimbangkan jurusan kuliah yang banyak peluang kerjanya berikut ini.

1. Teknik Informatika atau Teknologi Informasi

Di masa yang akan datang, teknologi informasi makin berkembang pesat. Lulusan dari Jurusan Teknik Informatika atau Teknologi Informasi ini akan sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan.

Pasalnya, permintaan akan tenaga kerja yang memiliki keahlian di bidang ini terus meningkat. Lulusan jurusan ini memiliki peluang kerja yang luas. Baik di industri perangkat lunak, jasa IT, maupun perusahaan teknologi.

2. Keuangan atau Akuntansi

Satu lagi jurusan kuliah yang banyak peluang kerja adalah Jurusan Keuangan atau Akuntansi. Lulusan jurusan ini juga memiliki prospek kerja yang baik karena setiap perusahaan membutuhkan ahli keuangan dan akuntansi untuk mengelola keuangannya.

Lulusan jurusan ini dapat bekerja di perusahaan swasta, lembaga keuangan, perusahaan konsultan, atau menjadi akuntan independen.

Baca juga: 8 Jurusan Kuliah Unair Paling Diminati, Kedokteran hingga Akuntansi

3. Manajemen Bisnis

Jurusan Manajemen Bisnis menawarkan pemahaman yang luas tentang aspek bisnis, manajemen, dan kepemimpinan. Lulusan jurusan ini juga memiliki banyak peluang kerja di berbagai bidang industri.

Mulai dari perusahaan manufaktur, perusahaan ritel, hingga sektor jasa. Keahlian dalam manajemen dan strategi bisnis sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan.

4. Kesehatan

Meski teknologi makin berkembang, namun bidang kesehatan tetap membutuhkan sumber daya manusia yang ahli di bidang tersebut.

Sehingga jurusan bidang kesehatan juga masuk dalam jurusan kuliah yang banyak peluang kerja. Apa saja jurusan bidang kesehatan itu?

Jurusan Kesehatan itu termasuk Jurusan Kedokteran, Keperawatan, Farmasi, Fisioterapi dan bidang terkait memiliki tingkat pengangguran rendah.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com