Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Jurusan Kuliah Unair Paling Diminati, Kedokteran hingga Akuntansi

Kompas.com - 30/01/2024, 08:36 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Sebagai salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik di Jawa Timur, Unair (Universitas Airlangga) cukup diminati para calon mahasiswa.

Calon mahasiswa yang mau mendaftar di Unair, bisa memilih jalur SNBP 2024 (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi), SNBT 2024 (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes) dan jalur mandiri yang dibuka Unair.

Baca juga: 10 Jurusan Unair yang Sepi Peminat tapi Prospek Kerjanya Menjanjikan

Jurusan kuliah Unair paling diminati

Bagi calon mahasiswa yang mengincar Unair di tahun 2024, ada sejumlah jurusan kuliah Unair paling diminati berkaca pada penerimaan mahasiswa baru tahun sebelumnya.

Dilansir dari laman Unair, Selasa (30/1/2024) berikut prodi di Unair paling banyak diminati dari tahun ketahun yaitu:

1. Kedokteran
2. Kedokteran Gigi .
3. Ilmu Komunikasi
4. Hubungan Internasional
5. Manajemen
6. Hukum
7. Psikologi
8. Akuntansi

Rektor Unair Prof. Mohammad Nasih mengatakan, pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2024, Unair menerima kurang lebih 9.000 peserta mahasiswa baru di 62 program studi.

"Ini kesempatan yang bagus jadi harus disiapkan agar tidak sia sia. Pintu terbuka lebar bagi siapa saja, lulusan UNAIR harus digembleng agar menjadi lulusan tangguh kedepan," kata Prof. Nasih seperti dikutip dari laman Unair, Selasa (30/1/2024).

Baca juga: Cek Biaya Kuliah UNS Per Semester untuk Jenjang S1

Unair sediakan jalur Golden Ticket

Prof. Nasih menambahkan, untuk mendapatkan kursi di Universitas Airlangga bisa melalui jalur Golden Ticket.

Untuk mendapatkan Golden Ticket bisa menghadiri Airlangga Education Expo (AEE) yang dilaksanakan pada 1, 2 dan 3 Februari 2024. Golden ticket ini merupakan kesempatan emas untuk masuk Unair lewat jalur khusus.

Ada tiga kategori prestasi yang berpeluang untuk mendapatkan golden ticket. Secara rinci, ketiganya adalah siswa berprestasi akademik, organisasi dan penghafal kitab suci. Prestasi akademik misalnya juara olimpiade, baik nasional maupun internasional.

Prestasi kepemimpinan organisasi misalnya untuk para ketua umum OSIS. Beberapa program studi membuka peluang peserta melalui jalur AEE, bisa dua maupun tiga orang. Hal itu menyesuaikan pendaftar AEE dan kelarasan program studi dan prestasi.

Perlu diketahui mendapatkan Golden Ticket tidak dikhususkan pada salah satu di tiga hari tersebut, jadi diharapkan peserta bisa mengikuti seluruh rangkaian AEE selama tiga hari.

Menurut informasi tahun kemarin, AEE dibagikan pada hari ketiga yaitu hari ketiga. Mengikuti AEE bisa sebagai sarana mendapatkan infomasi sangat banyak lengkap dan memudahkan menentukan pilihan prodi di Unair.

Prioritaskan nilai dan prestasi calon mahasiswa

Prof. Nasih menekankan, agar calon mahasiswa bijak dalam menentukan pilihan prodi, karena peserta akan terkena blacklist jika mengundurkan diri setelah diterima di PTN jalur SNBP dan SNBT.

Prof Nasih menambahkan, untuk menjadi mahasiswa Unair tidak perlu merisaukan kendala biaya, kendati demikian Unair membuka beasiswa yang beragam.

Baca juga: Cek Biaya Kuliah Binus 2024 Kampus Bekasi

Ia membantah adanya penerimaan jalur mandiri diutamakan uang sumbangan yang paling besar. Karena banyak fakta dari tahun ke tahun mahasiswa dengan sumbangan terkecil banyak diterima di jalur mandiri. Unair dalam hal ini memprioritaskan nilai dan prestasi pendaftar.

"Sekali lagi semua punya kesempatan sama mendapatkan PTN favorit di Indonesia, prosedur dan langkah nilai rapor dipastikan sampai proses permanen akun. Saling cross check antara guru dan murid agar tidak ada kesalahan. Tetap optimis terus berjuang, semangat belajar dan berdoa maka peluang mendapatkan Unair menjadi besar," paparnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com