Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Grup MIND ID Dorong Akses Pendidikan di Wilayah Lingkaran Tambang

Kompas.com - 15/02/2024, 15:32 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com – Sekretaris Perusahaan MIND ID, BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID atau Mining Industry Indonesia, Heri Yusuf menyampaikan pihaknya mendukung akses pendidikan bagi masyarakat khususnya di sekitar wilayah operasional perusahaan.

Heri Yusuf menjelaskan melalui rilis resmi (15/2/2024) menjelaskan, pendidikan menjadi salah satu cara meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) sekaligus meningkatkan kehidupan yang lebih layak dan dalam rangka mengentaskan kemiskinan.

“Melalui akses pendidikan yang baik, tingkat kesejahteraan masyarakat tentunya akan meningkat. Maka dari itu, MIND ID berkomitmen mendukung akses pendidikan masyarakat,” tegasnya.

Lewat program CSR berkelanjutan, anggota Grup MIND berupaya mendorong dunia pendidikan di antaranya, lewat anggota Grup MIND ID, PT Bukit Asam Tbk., (PTBA) yang berkomitmen memperkuat budaya literasi pelajar di sekitar wilayah operasional perusahaan.

Kegiatan bertajuk “Srikandi Mengajar, Srikandi Menginspirasi” tersebut merupakan besutan Srikandi Bukit Asam bidang Sosial Masyarakat yang mulai dilaksanakan sejak 2022 silam.

Program dilaksanakan di tujuh SMA sederajat berlokasi di sekitar wilayah operasi meliputi; SMAN 11 Muara Enim, SMA Bukit Asam Tanjung Enim, SMK Bukit Asam Tanjung Enim, SMA Muhammadiyah Tanjung Enim, SMK Bina Mulya Lawang Kidul, SMK Mutiara Tanjung Enim, dan SMK Cendikia Unggul Tanjung Enim.

Selain memberikan sharing session dengan tujuan memberikan motivasi juga inspirasi kepada para pelajar, lewat program tersebut juga Srikandi Bukit Asam membagikan buku gratis untuk meningkatkan budaya literasi di kalangan pelajar.

“Apa yang dilakukan Srikandi Bukit Asam menunjukkan kepedulian Grup MIND ID untuk terus berkomitmen menyejahterakan masyarakat lewat keterbukaan akses pendidikan bagi masyarakat khususnya di sekitar wilayah operasional pertambangan garapan Grup MIND ID,” kata Heri.

Aggota Grup MIND ID lainnya, PT Timah Tbk., juga menjalankan program memajukan pendidikan masyarakat. Emiten TINS ini memberikan beasiswa pendidikan sejak tahun 2000 silam, di SMAN 1 Pemali, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.

Terkini, sudah ada 815 alumni yang berhasil menamatkan pendidikan di tingkat SMA berkat bantuan beasiswa PT Timah di SMAN 1 Pemali. Program beasiswa berbasis sistem boarding atau asrama ini memberikan kesempatan bagi pelajar berprestasi namun kurang mampu.

“Ini merupakan komitmen anggota Grup MIND ID untuk mendukung tercapainya tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) ke-4 yaitu pendidikan berkualitas untuk seluruh lapisan masyarakat Indonesia,” katanya.

PT Timah Tbk., juga menyerahkan 650 paket perlengkapan sekolah bagi anak yatim piatu di wilayah lingkaran tambang perusahaan pada pada April 2023 lalu.

TINS juga memberikan beasiswa bagi pelajar untuk melanjutkan pendidikannya di Akademi Komunitas Industri Pertambangan Bukit Asam (AKIPBA).

Anggota MIND ID lain, PT Freeport Indonesia (PTFI) memajukan dunia pendidikan di Tanah Air khususnya bagi anak-anak Papua. PTFI menjalankan program magang di Institut Pertambangan Nemangkawi (IPN).

Sebanyak 32 anak asli Papua dari Suku Amungme dan Komoro dinyatakan lulus setelah merampungkan program pelatihan kerja di IPN dan acara penamatan dilakukan di Hotel Swiss Bell-In, Jalan Cenderawasih, Timika, Mimika, Papua Tengah, pada Jumat, 8 Desember 2023.

Baca juga: Zita Anjani Dorong Program Pendidikan Antikorupsi di Sekolah Jakarta

Selain mendapatkan pelatihan di area PTFI, anak-anak peserta magang tersebut mengikuti pelatihan Basic Life Skill yang dikemas dalam program Papuan Sustainable Human Capital Development di Bogor, Jawa Barat selama tiga pekan.

“Selama tiga minggu peserta mendapat materi pelatihan komunikasi di tempat kerja, disiplin, team work, empathy, problem solving, nilai-nilai PTFI (Sincare) juga dasar-dasar bela negara,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com