Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beasiswa PIP Madrasah 2024 Segera Cair, Cek Jadwalnya

Kompas.com - 15/02/2024, 10:14 WIB
Sania Mashabi,
Mahar Prastiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) tahun 2024 untuk madrasah akan segera disalurkan ke siswa yang membutuhkan.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama (Kemenag), M Sidik Sisdiyanto mengatakan beasiswa itu akan diturunkan sebanyak dua tahap.

Menurut Sidik, pelaksanaan tahap pertama akan dimulai pada minggu kedua Februari 2024.

"Tahap pertama dicairkan pada minggu kedua Februari 2024, sebesar Rp 900 miliar," kata Sidik dikutip dari laman resmi Kemenag, Rabu (14/5/2024).

Baca juga: Beasiswa PIP 2024 bagi Siswa Madrasah Bakal Cair, Bantuan Dana Naik

Anggaran PIP Madrasah sebesar Rp 1,3 triliun.

Menurut Sidik, pihaknya telah menyiapkan anggaran untuk PIP Madrasah sebesar Rp 1,3 triliun.

Angka itu terdiri dari Rp 422 miliar untuk siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI), Rp 558 miliar untuk siswa Madrasah Tsanawiyah (MTS) dan, Rp 320 miliar untuk siswa Madrasah Aliyah (MA).

Tahun ini juga akan ada kenaikan beasiswa PIP jenjang MA, yang semula hanya Rp 1 juta per siswa, kini menjadi Rp 1,8 juta per siswa.

"Kami sangat memahami bahwa meskipun anggaran ini besar, namun belum mampu untuk menjangkau seluruh peserta didik yang telah memenuhi kriteria penerima PIP," ujarnya.

Baca juga: Kemendikbud Buka Kuota 3.000 Mahasiswa untuk Beasiswa IISMA 2024

Sidik menjelaskan, pada proses penyaluran PIP, Kanwil Kementerian Agama Provinsi, Kankemenag Kabupaten/Kota, dan Satuan Pendidikan Madrasah diminta berkoordinasi dengan pihak bank penyalur.

Sinergi itu bertujuan untuk memberikan memberikan asistensi dan juga akses yang mudah dan efisien kepada seluruh peserta didik terkait dengan pencairan anggaran PIP.

"Sinergi diperlukan untuk memastikan anggaran yang sudah masuk di rekening bisa segera ditarik oleh peserta didik yang bersangkutan dan dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk menunjang aktivitas belajarnya di madrasah," ujarnya.

Sidik mengimbau, jangan sampai ada praktik pungli yang terjadi terkait dengan PIP ini di lapangan.

Selain itu, lanjut Sidik, sinergi diperlukan untuk memastikan anggaran yang sudah masuk di rekening bisa segera ditarik oleh peserta didik yang bersangkutan.

Baca juga: Dana BOS Madrasah dan RA Cair Rp 4,385 Triliun, Berikut Rinciannya

Kemudian dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk menunjang aktivitas belajar di madrasah.

"Jangan sampai ada praktik pungli yang terjadi terkait dengan PIP ini di lapangan," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com