Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Seleksi Kuliah S1 di ITS, Calon Mahasiswa Wajib Tahu

Kompas.com - 09/02/2024, 16:34 WIB
Sania Mashabi,
Mahar Prastiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Institut Tekonologi Sepuluh Nopember (ITS) membuka banyak jalur seleksi untuk para siswa tingkat akhir atau "gap year" yang ingin kuliah S1 di ITS.

ITS merupakan salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) favorit calon mahasiswa yang berada di Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur.

Dilansir dari laman resminya, ITS membuka penerimaan mahasiswa baru program sarjana tahun akademik 2024/2025 untuk pendaftar dari lulusan SMA atau sederajat tahun ijazah 2021, 2022, dan 2023.

Adapun penerimaan mahasiswa baru program Sarjana di ITS terdiri dari tiga jalur yakni:

1. Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP)

2. Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan

3. Mandiri

Baca juga: ITS Buka Seleksi Mandiri S1 2024 Tanpa Uang Pangkal, Simak Infonya

Jalur masuk di ITS 2024/2025

Penerimaan mahasiswa baru program Sarjana melalui jalur Mandiri terbagi lagi menjadi tiga jalur:

  • Seleksi mandiri umum
  • Seleksi mandiri kemitraan, dan
  • Seleksi mandiri prestasi

Dalam penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri, ITS menerima calon mahasiswa baru yang memiliki prestasi dan potensi akademik tinggi atau kurang mampu secara ekonomi atau dari daerah terdepan, terluar, dan tertinggal melalui Seleksi Mandiri Prestasi.

Sementara calon mahasiswa yang tergolong dalam afirmasi apresiasi bisa ikut seleksi melalui jalur mandiri umum dan seleksi mandiri kemitraan.

Yang dimaksud jalur afirmasi apresiasi adalah afirmasi yang diberikan kepada calon mahasiswa dari putra-putri orang yang berjasa kepada ITS, bangsa, atau negara dengan tetap memperhatikan prestasi akademik/non-akademik.

Baca juga: ITS Punya 4 Prodi Baru di SNBP dan SNBT 2024

Cara daftar ke ITS

Jika kamu ingin mendaftar di ITS dan melanjutkan pendidikan di kampus ini, informasi lainnya mengenai seleksi masuk di ITS, calon mahasiswa bisa langsung mengunjungi laman resmi https://admission.its.ac.id/.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com