Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peluang Kuliah di UK dan Irlandia Terbuka Luas bagi Siswa SMA di Indonesia

Kompas.com - 29/01/2024, 17:39 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Peluang kuliah di kampus Inggris Raya atau United Kingdom (UK) dan Irlandia ini terbuka luas bagi seluruh siswa SMA Indonesia.

Pernyataan itu disampaikan Country Director Study in UK (SI-UK) Indonesia, Gianti Atmojo dalam keterangan resminya, Selasa (29/1/2024).

Baca juga: 5 Beasiswa Kuliah Gratis D3-S1 untuk Siswa SMA dan SMK

"Study in UK (SI-UK) Indonesia, siap membantu pelajar tanah air membuat keputusan akademis, mempersiapkan studi di Inggris, memahami kehidupan di sana, hingga membuka peluang magang yang akan membuka pintu kesempatan berpotensi untuk masa depan," ucap dia.

Gianti mengaku, SI-UK Indonesia telah mengunjungi tiga SMA dengan kurikulum International Baccalaureate (IB) di Indonesia. Itu dilakukan dalam rangkaian Study in UK Expo 2024.

Dari kunjungan ini diharapkan membawa siswa Indonesia untuk memperoleh penawaran kuliah dari universitas di Inggris.

"Setidaknya ada 11 perwakilan langsung dari universitas favorit di UK dan Irlandia, seperti University College London (UCL), The University of Edinburgh, dan University of Birmingham yang dibawa untuk mengunjungi 3 SMA atas kenamaan di Jakarta, Bogor, dan Tangerang," jelas dia.

Gianti menyebut, SI-UK Indonesia juga turut memperkenalkan atmosfer akademis universitas prestisius di UK melalui sejumlah program menarik.

Calon mahasiswa dari Indonesia bisa mengikuti program, seperti Study Abroad dan Study Tour untuk memperdalam pengetahuan akademis tanpa langsung kuliah penuh waktu di UK.

Study Abroad merupakan program yang berlangsung selama 1 hingga 2 semester di universitas terkemuka UK.

Baca juga: Sudah Aktif di UNS, Chatarina Girsang Wisuda 900 Mahasiswa

Gianti menegaskan, dirinya percaya melalui pengalaman langsung di lingkungan akademis terbaik di Inggris, siswa Indonesia tidak hanya akan memperoleh pengetahuan mendalam, tetapi juga mengembangkan keterampilan dan koneksi yang sangat berharga untuk masa depan mereka.

"Program Study Abroad ini dirancang untuk memberikan perspektif yang holistik tentang pendidikan tinggi di Inggris, memastikan bahwa mahasiswa mendapatkan manfaat maksimal dari pengalaman belajar ini," jelas dia.

Tak hanya dengan program Study Abroad, sambung dia, pelajar Indonesia bisa ikut program Study Tour yang ditawarkan SI-UK Indonesia.

"Program ini memberikan pengalaman langsung dan pemahaman mendalam bagi calon mahasiswa, terkait atmosfer akademis di kampus-kampus terbaik di Inggris. Calon mahasiswa yang mengikuti program ini akan mengunjungi universitas prestisius, seperti University of Oxford, The University of Edinburgh, King’s College London, The University of Manchester, dan lainnya," ungkap dia.

Baca juga: Kejadian di ITB, Kemendikbud: PTN Jangan Persulit Biaya UKT Mahasiswa

"Program ini akan membantu mereka mendapatkan pemahaman mendalam tentang kehidupan mahasiswa di lingkungan akademis yang berkualitas," tutup dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com