Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Universitas Negeri Malang Buka Kuota 12.112 Mahasiswa pada 2024

Kompas.com - 27/01/2024, 10:00 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Negeri Malang (UM) membuka kuota 12.112 mahasiswa pada tahun ajaran 2024/2025.

Rektor UM, Prof. Hariyono mengaku, UM meyakini bisa menambah kuota mahasiswa, dari 8.500 pada 2023 menjadi 12.112 mahasiswa yang akan diterima pada 2024.

Baca juga: UM Punya 3.195 Kursi di SNBP 2024, Ini 20 Prodi Berdaya Tampung Banyak

"Penambahan kapasitas ini sejalan dengan penambahan program studi (Prodi) di UM, yaitu Kebidanan, Keperawatan, dan Kedokteran," kata dia dilansir dari laman UM, Sabtu (27/1/2024).

Tak lupa, sebut dia, penambahan kuota mahasiswa baru juga sejalan dengan antusiasme banyaknya calon mahasiswa yang ingin kuliah di UM.

Ada tiga jalur seleksi masuk UM pada tahun 2024. Ketiga jalur yang bisa diikuti semua calon mahasiswa, yakni SNBP, SNBT, dan jalur mandiri.

Koordinator Pelaksana Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru , Dr. Imam Agus Basuki mengaku, terdapat aturan baru dalam pemilihan prodi pada 2024, yaitu siswa yang sudah lulus SNBP 2023, SNMPTN 2022, dan SNBP 2024 tidak dapat mengikuti UTBK di kampus mana saja.

"Aturan itu mulai 2024 hingga seterusnya," jelas dia.

Oleh karena itu, perlu diperhatikan saat memilih prodi di universitas yang dituju, agar sesuai dengan keinginan dan tidak terjadi pemilihan asal-asalan yang dapat menimbulkan penyesalan.

Baca juga: Chatarina Girsang Jadi Plt. Rektor UNS, Ini Jejak Pendidikan dan Pengalamannya

"Jika sudah diterima melalui jalur SNBP tapi tidak mendaftar ulang, maka calon mahasiswa tidak dapat mendaftar melalui jalur SNBT, dan siswa yang diterima melalui jalur SNBP maupun SNBT tidak dapat masuk melalui jalur mandiri di perguruan tinggi mana saja," ungkap Dr. Imam Agus.

Direktur Pendidikan UM, Prof. Suryono menyebut ada enam seleksi jalur mandiri yang dibuka oleh UM, yakni:

  • Mandiri Prestasi.
  • Mandiri Leadership.
  • Mandiri Skor UTBK.
  • Mandiri TMBK (Tes Mandiri Berbasis Komputer).
  • Mandiri Kemitraan Institusi dan Umum.
  • Mandiri Internasional.

Baca juga: UIN Jakarta Buka 6 Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru pada 2024

Dia menambahkan, bila mahasiswa UM ingin memperoleh beasiswa, maka persyaratan yang paling umum adalah memiliki IP yang tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com