Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raih Doktor Dikdas UNJ, Linda Zakiah: Buku Cerita Digital Kearifan Lokal Tingkatkan Toleransi Siswa

Kompas.com - 24/01/2024, 18:11 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menggelar Ujian Terbuka Program Doktor Pendidikan Dasar (Dikdas) dengan Promovendus Linda Zakiah pada Rabu, 24 Januari 2024, di Ruang Sidang Aula Latief Hendraningrat, Kampus A UNJ, Jakarta.

Linda Zakiah yang dipromotori Prof. Sarkadi dan Co-Promotor Prof. Arita Marini mengangkat disertasi "Pengembangan Buku Cerita Digital Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Sikap Toleransi Sosial Siswa Sekolah Dasar di DKI Jakarta".

Tujuan dari penelitian ini untuk membuat desain pengembangan buku cerita digital berbasis kearifan lokal pada pembelajaran PPKn kelas V Sekolah Dasar di wilayah DKI Jakarta.

Menurutnya, menguji kelayakan buku cerita digital berbasis kearifan lokal dapat meningkatkan sikap toleransi sosial siswa Sekolah Dasar di wilayah DKI Jakarta.

Buku cerita digital berbasis kearifan lokal dinilai juga efektif dapat meningkatkan sikap toleransi sosial siswa Sekolah Dasar di wilayah DKI Jakarta.

Linda Zakiah yang juga merupakan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) UNJ Periode 2023-2027 mengungkapkan beberapa kesimpulan hasil penelitiannya.

Pertama, pengembangan buku cerita digital berbasis kearifan lokal guna meningkatkan toleransi sosial siswa kelas V sekolah dasar DKI Jakarta dilakukan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas Analysis, Design, Development, Impletation dan Evaluation.

Model ADDIE menjadi panduan kerja yang sistematis untuk mengembangkan produk berupa buku cerita digital dengan hasil yang cukup baik.

Kedua, buku cerita digital berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan sikap toleransi sosial layak digunakan sebagai media pembelajaran PPKn atau Pendidikan Pancasila pada siswa kelas V sekolah dasar di DKI Jakarta.

Produk pengembangan ini sesuai dengan pembelajaran abad 21 yang bertujuan mengembangkan karakter, kompetensi, dan literasi, serta dikembangkan dengan menggunakan 4 kompetensi: kreativitas dan inovasi, berpikir kritis dalam pemecahan masalah, kolaborasi dan komunikasi.

Selain itu buku cerita digital ini juga merupakan produk yang mendukung kecakapan literasi dasar yang harus dimiliki siswa seperti literasi baca, literasi digital, literasi budaya, dan kewargaan.

Baca juga: Rieke Diah Pitaloka Sering Dinyinyiri Anak Saat Tulis Disertasi dan Buku

Ketiga, buku cerita digital berbasis kearifan lokal cukup efektif untuk meningkatkan sikap toleransi sosial siswa kelas V sekolah dasar. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata N-Gain sebesar 46,7 persen yang termasuk dalam kategori efektifitas sedang.

Hasil pengujian ini sesuai dengan teori Morzano yang memberikan pandangan komprehensif terhadap perkembangan siswa, bahwa pembelajaran tidak hanya mencakup pengetahuan, tetapi juga keterampilan dan sikap yang diperlukan dalam kehidupan mereka.

Peran buku cerita kearifan lokal berbasis digital

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com