Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Mahasiswa Bisa Lintas Jurusan di UM PTKIN 2024

Kompas.com - 23/01/2024, 17:07 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siswa kelas 12 bisa bebas memilih jurusan kuliah atau program studi di Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PMB PTKIN) 2024.

Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PMB PTKIN) 2024, Nyayu Khodijah mengatakan hal tersebut. Ia mengatakan PMB PTKIN dibuka lewat tiga jalur.

Dua jalur di antaranya adalah jalur nasional, yaitu Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (UM-PTKIN).

Baca juga: 5 UIN, IAIN, dan STAIN Terbaik di Indonesia, buat Daftar PTKIN 2024

Khusus UM PTKIN 2024, tidak ada kelompok pilihan ujian bahasa, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan kejuruan.

Jadi setiap lulusan dari Madrasah Aliyah (MA), Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), atau Pendidikan Diniyah Formal/ Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah/ Muadalah Muallimi/Muadalah Salafiyah akan bebas memilih program studi.

Siswa bisa memilih mau kuliah di Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).

Baca juga: Pendaftaran PMB PTKIN Dimulai 22 Januari, Simak Jadwal Lengkapnya

UM PTKIN dilaksanakan melalui jalur ujian tulis berbasis Sistem Seleksi Elektronik (SSE) setelah hasil seleksi jalur SPAN-PTKIN diumumkan. Sehingga, apabila ada peserta yang tidak lolos seleksi jalur SPAN PTKIN maka peserta tersebut dapat mengikuti seleksi jalur UM PTKIN.

Pada tahun 2023, siswa bisa memilih maksimal 3 prodi. Urutan dalam pemilihan Program Studi menyatakan prioritas pilihan.

Peserta ujian yang memilih dua prodi atau lebih, salah satu prodi tersebut harus merupakan prodi dari Perguruan Tinggi yang berada dalam satu provinsi dengan tempat peserta mengikuti ujian. 

Sementara proses seleksi nasional ini akan dilaksanakan oleh 58 PTKIN dan 1 PTN yang tersebar di seluruh Indonesia. Ada 1.301 pilihan program studi, dengan rincian daya tampung 65.574 orang untuk kuota formasi SPAN PTKIN dan 85.692 orang untuk kuota UM PTKIN.

“Selain jalur SPAN PTKIN dan UM PTKIN, calon mahasiswa juga bisa mendaftar di jalur PMB Mandiri di masing-masing perguruan tinggi,” ujar Nyayu Khodijah.

Proses pendaftaran melalui jalur SPAN-PTKIN akan dilaksanakan mulai tanggal 22 Januari 2024 hingga 15 Februari 2024.

Sementara pendaftaran UM-PTKIN akan dibuka mulai 6 Mei 2024 hingga 15 Juni 2024.

Informasi terkait PMB PTKIN Tahun 2024 bisa diakses secara jelas di laman resmi www.ptkin.ac.id

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com