Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Jalur Masuk PTKIN 2024 Sudah Dibuka, Cek Jadwal Lengkapnya

Kompas.com - 21/01/2024, 09:03 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) 2024 akan dibuka lewat tiga jalur.

Rencananya, rangkaian pendaftaran PTKIN ini dilaksanakan pada 22 Januari 2024.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta jajaran PTKIN membuat cara-cara kreatif agar menarik minat pelajar untuk mendaftar di kampusnya.

"Saya minta PTKIN agar memiliki cara-cara kreatif agar dapat menarik minat para pelajar untuk mendaftar di sini," kata Gus Men, panggilan akrabnya saat peluncuran PTKIN dilansir dari laman Kemenag.

Baca juga: 5 Jurusan di Sekolah Akmil Tahun 2024 yang Setara D4

Untuk itu, Gus Men juga meminta seluruh kampus islam negeri dapat melakukan benchmarking kepada perguruan tinggi lain yang lebih baik.

"Kita jangan berpuas diri. Ini menjadi pekerjaan rumah kita semua untuk meningkatkan kualitas PTKIN," tambah Menag.

Pendaftaran PTKIN dibuka lewat tiga jalur

Dirjen Pendidikan Islam M. Ali Ramdhani menuturkan, program PMB PTKIN tahun ini mengusung tema start to be smart. Dia berharap, dalam pelaksanaan PMB kali ini, seluruh PTKIN dapat bersinergi dan saling mendukung untuk menjaring calon mahasiswa terbaik.

Ketua Pelaksana PMB PTKIN Nyanyu Khodijah menjelaskan, terdapat tiga jalur PMB PTKIN, yaitu Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN), Ujian Masuk (UM), dan jalur mandiri.

"SPAN PTKIN atau Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri merupakan seleksi masuk berdasarkan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lainnya," ujar Nyanyu yang saat ini juga menjabat sebagai Rektor UIN Palembang.

Pendaftaran untuk jalur SPAN PTKIN dibuka mulai 22 Januari 2024 dan hasilnya akan diumumkan pada 2 April 2024.

"Informasi seputar SPAN PTKIN dapat diakses melalui https://span.ptkin.ac.id/page," sambungnya.

Baca juga: 5 Langkah Daftar Seleksi MAN Unggulan 2024 Beserta Link Pendaftaran

Sementara, jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN) merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh 58 PTKIN dan 1 PTN dengan Program Studi keagamaan yang izin operasionalnya diterbitkan oleh Kementerian Agama RI melalui ujian tulis berbasis Sistem Seleksi Elektronik (SSE).

UM PTKIN ini rencananya akan dibuka mulai 6 Mei 2024. Informasi terkait UM PTKIN dapat diakses melalui laman: https://um.ptkin.ac.id/.

Sedangkan jalur ketiga yaitu jalur mandiri, di mana proses seleksi dilakukan di masing-masing PTKIN.

Baca juga: Dibuka 22 Januari, Cek Jadwal dan Cara Daftar SPAN PTKIN 2024

Informasi terkait jalur mandiri dapat diakses pada laman resmi masing-masing perguruan tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com