Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Mira, Gapai Gelar Doktor di UB dengan IPK 4,00

Kompas.com - 22/01/2024, 10:52 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Mira Tripuspita meraih gelar Doktor dengan predikat sangat memuaskan pada Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Jakarta Universitas Brawijaya.

Dia mengikuti Wisuda periode X Tahun Akademik 2023/2024 di Gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya, pada Minggu (21/01/2024).

Mira yang telah menempuh pendidikan doktoral sejak tahun 2019 mengaku sukses mempertahankan disertasinya yang berjudul "Pengaruh Change Leadership terhadap Kesiapan Pekerja Untuk Berubah Melalui Self-Efficacy Dan Resilience: Peran Kepercayaan Terhadap Pimpinan Sebagai Moderator (Studi Pada Pekerja Di BUMN Sektor Migas)".

Baca juga: Cerita Virgo dan Anisa, Wisudawan Terbaik UB dengan IPK 3,87

Pada sidang promosi doktor Manajemen Kampus Jakarta di Universitas Brawijaya, Mira diyatakan lulus dengan prestasi luar biasa, yakni IPK 4,00 pada 27 Juli 2023.

Dr. Mira Tripuspita menjelaskan, pemilihan judul disertasi ini dilakukan guna mendalami lebih jauh tentang kesiapan untuk berubah pada pekerja Pertamina, khususnya yang mengalami alih kelola dari perusahaan asing menjadi BUMN.

"Perkuatan kebijakan dan budaya kerja oleh Pertamina secara spesifik akan menjadi kunci untuk mengambil blok baru di masa mendatang," ungkap dia dilansir dari laman UB, Senin (22/1/2024).

Dengan demikian, sebut dia, kebijakan untuk mengambil blok baru tersebut diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan performa Pertamina, seiring dengan penguatan kesiapan terhadap perubahan yang dihadapi oleh pekerja dalam konteks alih kelola perusahaan” ujar Mira.

Dia berharap teori ini dapat diterapkan tidak hanya di Pertamina, tetapi juga di BUMN lainnya, serta menjadi dasar bagi kajian lebih lanjut.

Promotor Mira, Prof. Achmad Sudir dan Co. Promotor, Prof. Sumiati selalu memberikan dukungan dan motivasi untuk memastikan agar dirinya bisa lulus dengan waktu yang cepat dan nilai yang baik .

Mira Tripuspita yang merupakan ibu dari tiga anak menunjukkan prestasi luar biasa sebagai seorang Perwira Pertamina di bidang eksplorasi produksi.

Dia menjabat sebagai Vice Presiden Business Support untuk Regional 2 Pertamina di Seluruh Jawa.

Selain itu, Mira juga aktif sebagai praktisi psikologi klinis dan konselor pekerja Pertamina, serta menjadi narasumber motivasi di internal Pertamina dan beberapa universitas.

Tidak hanya itu, dia juga mengelola beberapa bisnis kecil di bidang kuliner dan aktif menulis, terutama terkait psikologi sehari-hari.

Mira menyatakan rasa syukur yang mendalam karena telah berhasil meraih gelar doktor dalam waktu kurang dari empat tahun, meskipun di tengah-tengah tanggung jawabnya sebagai seorang Vice Presiden regional di Pertamina.

"IPK 4,00 yang diperolehnya adalah bonus dari Allah dan ini merupakan hasil kerja keras serta keberuntungan pribadi saya," jelas Mira.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com