Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Universitas Brawijaya Buka Jalur Seleksi Khusus Penyandang Disabilitas

Kompas.com - 21/01/2024, 15:16 WIB
Sania Mashabi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Brawijaya (UB) menyediakan jalur seleksi khusus penyandang disabilitas untuk jenjang Sarjana dan Diploma.

Dilansir dari laman resmi Universitas Brawijaya, seleksi khusus disabilitas itu dilakukan melalui proses seleksi administratif dan tes wawancara.

Baca juga: Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran UI, UGM, Unpad, Unair, dan UB pada 2024

Seleksi tersebut dilakukan oleh Pusat Studi Layanan Disabilitas (PSLD) Universitas Brawijaya dan bekerja sama dengan panitia penerimaan mahasiswa baru dan program studi terkait.

Jika berminat ikut jalur seleksi ini, bisa segera kunjungi laman berikut http://selma.ub.ac.id atau melalui website PSLD UB : http://psld.ub.ac.id.

Selain seleksi khusus penyandang disabilitas, Universitas Brawijaya juga menyediakan jalur seleksi untuk program reguler untuk jenjang Sarjana dan Diploma. Berikut jalur seleksi reguler Universitas Brawijaya:

a. Program Sarjana

1. Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP)

Seleksi yang dilakukan melalui ujian tanpa tulis dan dilaksanakan secara nasional dan serentak oleh seluruh perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia.

Pada seleksi ini siswa akam dinilai berdasarkan prestasi nilai rapor atau prestasi non akademik lainnya.

Info lengkap mengenai jadwal, tata cara pendaftaran dan sebagainya, lihat di situs resmi SNPMB: https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/.

2. Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT)

Seleksi yang dilakukan melalui ujian tulis dan dilaksanakan secara nasional dan serentak oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia.

Baca juga: 20 Prodi Daya Tampung Terbesar di Universitas Brawijaya Jalur SNBP

Info lengkap mengenai jadwal, tata cara pendaftaran dan sebagainya, lihat di situs resmi SNPMB: https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/.

3. Seleksi Mandiri

Seleksi yang dilakukan melalui ujian tulis secara mandiri oleh Universitas Brawijaya. Pada seleksi ini dibuka pendaftaran kelas internasional dan kelas bahasa Inggris.

Untuk info lengkap mengenai jadwal, tata cara pendaftaran dan sebagainya, lihat di situs resmi seleksi mandiri UB : http://selma.ub.ac.id.

b. Program Diploma

Pada program diploma, terdapat Seleksi Masuk Program Vokasi (SMPV) yang dilakukan melalui ujian tulis secara mandiri oleh Universitas Brawijaya.

Baca juga: 3 Jenis Beasiswa di Universitas Brawijaya, Calon Mahasiswa Wajib Tahu

Info lengkap mengenai jadwal, tata cara pendaftaran dan sebagainya, lihat di situs resmi seleksi mandiri UB : http://selma.ub.ac.id atau melalui website Program Vokasi UB : http://vokasi.ub.ac.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com