Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Virgo dan Anisa, Wisudawan Terbaik UB dengan IPK 3,87

Kompas.com - 21/01/2024, 14:08 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 763 lulusan Universitas Brawijaya (UB) melakukan prosesi wisuda periode 9, pada Sabtu (20/1/2024). Dari seluruh lulusan, ada 2 wisudawan terbaik yang diperoleh UB.

Kedua wisudawan terbaik itu adalah Virgo Gilang Pratama dari Prodi Parisiwata Fakultas Ilmu Administrasi dan Anisa Awanis Putri Ratna Suseno dari Fakultas Kedokteran Hewan.

Baca juga: Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran UI, UGM, Unpad, Unair, dan UB pada 2024

Jadi wisudawan terbaik, mereka memaparkan pengalaman kuliahnya di UB.

Virgo mengaku, dirinya menjadi lulusan terbaik karena memperoleh IPK 3,87, dengan masa studi 3 tahun 11 bulan.

"Kampus ini menjadi wadah untuk mengembangkan minat, bakat, serta mengeksplor berbagai pengalaman," kata Virgo seperti dilansir dari laman UB, Minggu (21/1/2024).

Selama kuliah, Virgo tercatat menjadi Top 3 Penyaji Tari Terbaik pada Gebyar Festival Tari UB 2019, mendapatkan Bronze Medal di ASEAN Innovative Science Environmental & Entrepreneur Fair (AISEEF) 2022, dan Silver Medal pada International Youth Business Competition (IYBC) 2022.

Virgo juga aktif dalam berbagai organisasi, seperti menjadi Kepala Divisi Business Creative dan Kepala Departemen Kewirausahaan pada Himpunan Mahasiswa Pariwisata, staf Humas UKM Brawijaya Esport, dan MAFIOSO untuk cabang Bulutangkis.

Bahkan di luar kampus, pria asal Jember ini pernah menjabat sebagai Ketua Divisi Kominfo untuk NGO Ambulu Mengajar.

Virgo mengaku tidak puas berada di satu zona aja. Dia suka mengeksplor banyak bidang untuk menambah pengalaman.

Salah satu pengalaman berkesannya adalah saat mengikuti mata kuliah peminatan, dia membuat Virtual Reality dan Augmented Reality, yakni teknologi imersif untuk membuat suatu lingkungan virtual 3D yang disimulasikan seperti aslinya.

Hal ini memungkinkan untuk mengunjungi suatu tempat secara virtual tanpa harus datang langsung.

Tidak berhenti di situ, Virgo saat ini tertarik mempelajari Data Analyst dan Data Science.

Baca juga: Biaya Kuliah dan Uang Pangkal Kedokteran di ITS, Unesa, UB serta Unair

Dia bahkan sudah tersertifikasi sebagai Data Scientist dalam project-based intern di Kalbe Nutrinionals. Dia juga menjadi tim kreatif di channel YouTube Detektif Astral, BoboucoolTV, dan Voice Actor Ihwan Zaid.

"Setelah lulus saya ingin menekuni bidang kreatif dan data, sambil mencari kesempatan beasiswa S2 di luar negeri," jelas Virgo.

Anisa menjadi salah satu wisudawan terbaik di Fakultas Kedokteran Hewan, karena mewarisi bakat ayah dan ibunya menjadi seorang Dokter Hewan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com