Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapkan Siswa Berkompetisi Global, Regina Pacis Gandeng Pearson Edexcel UK

Kompas.com - 10/01/2024, 09:19 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Antusias pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri terbilang cukup tinggi.

Berdasarkan data UNESCO pada tahun 2021, jumlah mahasiswa Indonesia yang meneruskan studi ke luar negeri sebanyak 53.604 mahasiswa.

Menjadikan Indonesia berada di peringkat ke-22 dengan jumlah mahasiswa terbesar yang kuliah di luar negeri. Hal tersebut diprediksi masih akan terus meningkat.

Menyadari hal tersebut, sekolah-sekolah di Indonesia berlomba untuk memfasilitasi peserta didiknya dengan kurikulum internasional. Ini diharapkan akan lebih mempersiapkan mereka untuk studi di luar negeri.

Baca juga: 4 Peran Guru BK bagi Gen Z di Sekolah Cikal, dari Fasilitasi Pemilihan Jurusan hingga Layanan Responsif

Untuk membekali siswa untuk mampu berkompetisi secara global, Sekolah Regina Pacis memiliki kurikulum Recis Curriculum dengan 5 pilar penyangga dalam memastikan standar output dan outcome dari lulusan Sekolah Regina Pacis Jakarta.

Adapun 5 pilar Recis Kurikulum adalah Kurikulum Nasional, Kurikulum International, Penguatan Karakter, Future Skill, dan Digital Transformation.

Meskipun mengadopsi kurikulum internasional, sekolah Regina Pacis tetaplah sekolah nasional yang tetap menjunjung tinggi nasionalisme dan kebanggaan berbangsa dan berbahasa Indonesia.

Sekolah Regina Pacis juga tetap mengedepankan pendidikan karakter yang mengakar pada spiritualitas Katolik dan memiliki core value, yaitu CHIPS yang terdiri dari Compassion, Humility, Integrity, Peace, dan Servant Leadership.

Selain itu, sekolah ini juga menjadi approved centre Pearson Edexcel dengan centre number 95713.

Baca juga: Tanpa Hukuman, Ini Cara Sukses BPK Penabur Latih Kedisiplinan Siswa

Edexcel adalah satu dari lima examination boards yang memberikan kualifikasi di jenjang SMA di Inggris.

Edexcel mengeluarkan beberapa kualifikasi yang diakui secara internasional. Salah satunya adalah International A Level.

International A Level dapat disandingkan dengan kualifikasi A Level yang diambil oleh siswa-siswa SMA di Inggris.

Kualifikasi International A Level dari Edexcel telah diterima di banyak universitas tingkat dunia. Mulai dari Russel Group di Inggris, Ivy League di Amerika, hingga Group of Eight di Australia.

Sementara itu, sebagai Approved Centre, Sekolah Regina Pacis mempersiapkan peserta didik sejak jenjang PAUD untuk bisa mencapai kualifikasi internasional tersebut.

Meskipun mengadopsi kurikulum internasional, Sekolah Regina Pacis tetap menjadi sekolah swasta Katolik yang tetap menggunakan kurikulum nasional yakni kurikulum merdeka.

Meski begitu, sekolah ini masih terus menjalin kerja sama dengan lembaga pendidikan internasional agar sekolah bisa menyelenggarakan asesmen yang diakui secara internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com