Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Program Pramuka Abad 21: Pramuka Diharapkan Jadi Agen Perubahan dan Perdamaian

Kompas.com - 05/01/2024, 16:50 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - PeaceGeneration Indonesia (PeaceGen) menggelar Puncak Petualangan Madaharsa yang merupakan puncak rangkaian program Pramuka Abad 21 pada 16 Desember 2023.

Program Pramuka Abad 21 adalah program PeaceGen dan United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) serta Uni Eropa melalui STRIVE Juvenile dengan melibatkan gerakan pramuka di 17 sekolah dasar di Kota dan Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Program ini bertujuan mendampingi serta membantu anak-anak menjadi lebih tangguh menghadapi kekerasan dan kejahatan yang terjadi di sekelilingnya.

Kegiatan perkemahan digelar pada 15-16 Desember 2023 di Natural Hills, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat dan diikuti 250 peserta terdiri dari 198 siswa-siswi kelas 4 dan 5 SD serta Pembina dan Pendamping Pandega.

Perkemahan menggabungkan antara pelatihan kepramukaan dan perdamaian berbasis pengalaman serta kreatif meliputi; kegiatan kepramukaan seperti tali-temali, sandi morse, hingga kemampuan indera manusia (KIM).

PeaceGen juga mengajak anak-anak bermain Coreng Mukaku dan Identitas yang mengajarkan tentang bagaimana menerima perbedaan dalam keberagaman, khususnya sesuai konteks yang ada di Indonesia.

Dalam Modul Petualangan Madaharsa para peserta mempresentasikan proyek sosial berbasis FIDS (Feel, Imagine, Do, and Share) sebagai bagian upaya memecahkan masalah sosial di lingkungan sekitar mereka.

Terdapat beragam produk yang dihasilkan oleh siswa-siswi SD bimbingan Kakak Pembina Pramuka meliputi Sistem Filtrasi Air, Pengolahan Sampah Sekolah, hingga Program Anti Bully Sekolah.

Baca juga: 10 PTN yang Membuka Jalur OSIS dan Pramuka

 

Harapannya, proyek tersebut dapat membantu siswa-siswi SD belajar menerima perbedaan dan kolaborasi meskipun terdapat perbedaan sehingga dapat menjadi seorang agen perdamaian dan perubahan di masa depan.

Jadi Agen Perubahan dan Perdamaian

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com