Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Syarat Daftar Beasiswa PTUD LPDP 2024, Dibuka 11 Januari

Kompas.com - 05/01/2024, 07:18 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

Sumber LPDP RI

KOMPAS.com - Pendaftaran beasiswa LPDP 2024 akan dibuka Kamis, 11 Januari 2024 mendatang.

Informasi terkait pendaftaran beasiswa LPDP 2024 ini sudah diumumkan di akun Instagram resmi @lpdp_ri.

"H-7 PEMBUKAAN SELEKSI BEASISWA LPDP! Tahun Baru sebagai Awardee Baru Ya #LPDPrens! Pendaftaran Seleksi Beasiswa LPDP Tahap 1 2024 akan kembali dibuka pada KAMIS 11 JANUARI! Akan ada lebih banyak kejutan terkait pilihan program beasiswa yang dibuka lho! Tunggu informasi lebih lanjut di seluruh kanal media resmi LPDP ya! Ingat! KAMIS 11 JANUARI 2024," seperti dikutip dari akun Instagram LPDP, Kamis (4/1/2024).

Baca juga: 6 Cara Mencari Surat Rekomendasi untuk Daftar Beasiswa LPDP 2024

Syarat daftar beasiswa PTUD LPDP 2024

Seperti diketahui, beasiswa LPDP 2024 terdiri dari beberapa program beasiswa, salah satunya beasiswa PTUD (Perguruan Tinggi Utama Dunia).

Mahasiswa yang berencana mendaftar beasiswa PTUD LPDP 2024, perlu tahu apa saja syarat yang harus dipenuhi.

Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD) adalah program beasiswa yang diperuntukkan bagi Warga Negara Indonesia yang telah memperoleh Letter of Admission/Acceptance Unconditional dari Perguruan Tinggi Utama Dunia untuk menempuh jenjang pendidikan Magister dan Doktor.

Dilansir dari laman resmi LPDP, Jumat (5/1/2023) berikut persyaratan umum Beasiswa PTUD LPDP 2024 yang perlu kamu ketahui:

1. Warga Negara Indonesia.

2. Telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1) untuk beasiswa magister; program magister (S2) untuk beasiswa doktor, atau diploma empat (D4)/sarjana (S1) langsung doktor.

3. Bagi pendaftar dari diploma empat (D4)/sarjana (S1) langsung doktor wajib memenuhi ketentuan sebagai berikut:

  • Memiliki LoA Unconditional dari Perguruan Tinggi tujuan, dan
  • Memenuhi seluruh kriteria sebagai pendaftar program beasiswa Doktor (S3).

4. Pendaftar yang telah menyelesaikan studi magister (S2) tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa magister dan pendaftar yang telah menyelesaikan studi doktor (S3) tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa doktor.

5. Bagi pendaftar lulusan perguruan tinggi luar negeri pada jenjang pendidikan sebelumnya, wajib melampirkan beberapa hal, seperti:

  • hasil penyetaraan ijazah dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui laman https://piln.kemdikbud.go.id/ atau Kementerian Agama melalui laman https://diktis.kemenag.go.id/penyetaraanijazah/
  • tangkapan layar ajuan penyetaraan ijazah pada laman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau Kementerian Agama mengenai penyetaraan ijazah bagi pendaftar yang penyetaraan ijazahnya belum terbit

6. Tidak sedang menempuh studi (on going) program magister ataupun doktor baik di perguruan tinggi dalam negeri maupun perguruan tinggi di luar negeri.

7. Tidak sedang mendaftar, akan menerima, atau menerima beasiswa dari sumber lain yang berpotensi double funding selama menjadi penerima beasiswa LPDP.

8. Pendaftar yang pernah menempuh studi namun tidak menyelesaikan studi pada program magister ataupun doktor baik di perguruan tinggi dalam negeri maupun perguruan tinggi di luar negeri dapat mendaftar kembali di jenjang studi yang sama dan dibuktikan dengan surat pemberhentian/ sejenisnya sebagai mahasiswa dari perguruan tinggi tersebut. Surat pemberhentian diunggah bersama dengan ijazah.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com