Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Batas Waktu Pencarian LoA Unconditional untuk Daftar LPDP 2024

Kompas.com - 29/12/2023, 12:30 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seperti diketahui, salah satu syarat mendaftar beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) 2024 adalah Letter of Acceptance (LoA) Unconditional.

LoA Unconditional adalah surat resmi dari perguruan tinggi (official admission) yang menyatakan seseorang telah diterima sebagai mahasiswa di perguruan tinggi tersebut dengan tanpa persyaratan.

Kecuali persyaratan sponsor pendanaan, dokumen fisik ijazah, dan transkrip nilai jenjang studi sebelumnya.

Dan persyaratan tambahan yang tidak berisiko mengubah status diterimanya orang tersebut sebagai mahasiswa pada program studi yang dituju.

Baca juga: 10 Dokumen untuk Daftar Beasiswa LPDP 2024, Pendaftaran Dibuka Januari

Batas waktu pencarian LoA Unconditional daftar LPDP 2024

Syarat LoA Unconditional ini tidak wajib disertakan saat mendaftar LPDP 2024. Tapi yang perlu diperhatikan adalah ada batas waktu bagi mahasiswa untuk melengkapi syarat LoA Unconditional tersebut.

Berikut informasi mengenai ketentuan mencari LoA yang perlu diperhatikan mahasiswa untuk mendaftar beasiswa LPDP 2024.

Kebijakan terkait Letter of Acceptance (LoA) Unconditional (surat atau bukti yang menyatakan sudah diterima di perguruan tinggi tanpa syarat), yaitu sebagai berikut:

1. Bagi pendaftar yang telah memiliki LoA Unconditional maka waktu mulai perkuliahannya wajib mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan LPDP.

2. Bagi pendaftar yang belum memiliki LoA Unconditional diperbolehkan mendaftar beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) asalkan sedang dalam proses pendaftaran ke perguruan tinggi tujuan.

Sehingga LPDP mengetahui tujuan belajar dari pendaftar bersangkutan. Jika dinyatakan lulus seleksi substansi LPDP, maka LoA Unconditional sesuai daftar Perguruan Tinggi dan Program Studi yang dipilih pada aplikasi pendaftaran selambat-lambatnya diserahkan 1 tahun 6 bulan (18 bulan) sejak ditetapkan sebagai calon penerima beasiswa.

Atau 1 tahun 6 bulan (18 bulan) terhitung dari tanggal berakhirnya program pengayaan bahasa bagi program afirmasi kecuali dalam kondisi tertentu yang mendapat persetujuan LPDP.

Baca juga: 10 Kampus Favorit Pendaftar Beasiswa LPDP, Ada Incaranmu?

Sehingga penting untuk diketahui, mahasiswa yang mendaftar LPDP 2024 tanpa LoA dan dinyatakan lolos, sesuai ketentuan, LPDP akan memberi waktu selama 18 (delapan belas) bulan bagi calon penerima beasiswa LPDP untuk segera mencari LoA.

Mahasiswa yang mendaftar LPDP dengan LoA atau tanpa LoA juga akan melalui tahapan seleksi yang berbeda. Berikut perbedaan skema pendaftaran mahasiswa yang mendaftar dengan LoA atau tanpa LoA:

1. Saat mendaftar LPDP 2024 dan mahasiswa sudah punya LoA dari kampus yang sesuai daftar LPDP, maka kamu bisa melewati salah satu tahap seleksi yaitu seleksi bakat skolastik.

Daftar LPDP dengan LoA tahapan seleksi administrasi yang merupakan seleksi kelengkapan dokumen pendaftaran, langsung ke seleksi substansi atau seleksi wawancara.

2. Sedangkan daftar LPDP tanpa LoA setelah seleksi administrasi, mahasiswa harus melewati seleksi bakat skolastik baru kemudian ke seleksi substansi.

Seleksi bakat skolastik adalah seleksi kemampuan kognitif dan penalaran. Sebagai informasi, LoA Unconditional untuk daftar LPDP juga memuat nama lengkap, jenjang studi, program studi, serta durasi studi, lama studi, permulaan studi dan/atau akhir studi.

LoA Unconditional yang diunggah harus memenuhi kriteria sebagai berikut:

  • Perguruan Tinggi dan Program Studi harus sesuai dengan salah satu pilihan pada aplikasi pendaftaran
  • Intake studi harus memenuhi ketentuan yang ditetapkan LPDP terkait waktu perkuliahan paling cepat yang diizinkan
  • Jika intake perkuliahan yang tercantum pada LoA Unconditional yang diunggah tidak sesuai ketentuan maka wajib melampirkan Surat Defer (Penundaan) dari Perguruan Tinggi yang menerbitkan LoA
  • Jika pendaftar mengunggah LoA Unconditional yang tidak sesuai ketentuan LPDP, maka dianggap tidak memenuhi kriteria pendaftaran.

Baca juga: 12 Kampus Luar Negeri Beasiswa LPDP yang Masih Jarang Dilirik

Itulah informasi mengenai batas waktu pencarian LoA bagi mahasiswa yang mendaftar beasiswa LPDP 2024. Mahasiswa juga perlu memperhatikan perbedaan tahapan pendaftaran LPDP yang menyertakan LoA maupun tanpa LoA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com