Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hal yang Ditanyakan dalam Seleksi Substansi LPDP?

Kompas.com - 03/01/2024, 11:15 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu tahapan seleksi beasiswa LPDP 2024 adalah seleksi substansi. Mahasiswa yang ingin mendaftar beasiswa LPDP 2024 perlu tahu apa itu seleksi substansi LPDP?

Beasiswa LPDP 2024 diperkirakan akan dibuka pada Januari-Februari mengacu pada pendaftaran beasiswa LPDP tahun 2023 dan 2022 silam.

Mahasiswa yang ingin mendaftar beasiswa LPDP 2024, perlu tahu bahwa seleksi substansi atau tahap wawancara jadi langkah terakhir sebelum akhirnya kamu dinyatakan lulus sebagai calon penerima beasiswa LPDP atau awardee LPDP.

Dilansir dari akun Instagram resmi LPDP, Selasa (2/1/2023) memberitahukan bahwa saat berhasil masuk ke tahapan seleksi substansi, kamu akan berhadapan dengan para ahli dari kalangan akademisi, praktisi, dan psikolog.

Baca juga: 6 Cara Mencari Surat Rekomendasi untuk Daftar Beasiswa LPDP 2024

Seleksi substansi LPDP

Pertanyaan-pertanyaan dalam seleksi substansi LPDP akan digali dari Curriculum Vitae (CV), esai, proposal bisnis (untuk program Targeted Kewirausahaan), dan proposal penelitian (bila S3) yang sebelumnya telah sampaikan dalam proses seleksi administrasi.

Mahasiswa yang mau mendaftar beasiswa LPDP 2024 wajib membaca lagi CV, esai, dan proposal yang telah disubmit saat administrasi lalu.

Kamu perlu merenungkan dan menggali lagi kira-kira pengalaman atau cerita hidup seperti apa yang linear dengan pengalaman dan rencana studi, rencana karier atau pengabdian, atau rencana hidupmu secara umum.

Selain itu, kamu juga perlu mencoba menentukan pula kata-kata kunci yang bisa meyakinkan interviewer bahwa kamu layak dinilai lebih daripada kandidat lainnya.

Saat menghadapi seleksi substansi LPDP, kamu perlu melatih kemampuan menjawab atau public speaking kamu dengan mockup interview bersama kawan, mentor, atau mengikuti berbagai acara yang dilakukan komunitas-komunitas awardee LPDP.

Baca juga: 10 Dokumen untuk Daftar Beasiswa LPDP 2024, Pendaftaran Dibuka Januari

Berikut beberapa hal yang ditanya dalam seleksi substandi LPDP. Calon pendaftar beasiswa LPDP 2024, perlu memperhatikan informasi ini agar makin lancar jika kelak menghadapi seleksi substansi LPDP.

1. Bahasa yang digunakan saat seleksi substansi LPDP

Karena telah memenuhi syarat ketentuan bahasa, peserta akan diwawancarai dalam bahasa Inggris maupun Indonesia tergantung pewawancara.

Jika kamu dinyatakan mengikuti seleksi substansi LPDP, maka wajib melatih lagi kemampuan dalam menjawab pertanyaan baik dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia.

Pertanyaan saat wawancara akan meliputi seputar latar belakang diri, esai dan kepribadian. Simak penjelasannya.

2. Penggalian layar belakang diri meliputi apa saja?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com