Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disdik Jabar Buka Opsi Pembelajaran Online bagi Sekolah Terdampak Gempa Sumedang

Kompas.com - 04/01/2024, 09:47 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat membuka potensi untuk menggelar pembelajaran hybrid bagi sekolah yang mengalami kerusakan akibat gempa di Sumedang, Jawa barat.

Namun, skema tersebut diatur dengan tetap menyesuaikan dengan kondisi ruang kelas yang masih bisa digunakan.

"Saya sudah komunikasikan untuk mengantisipasi dengan pembelajaran hybrid jika kelas belum bisa difungsikan," kata Kepala Disdik Jawa Barat Wahyu Mijaya dilansir dari laman resmi Disdik Jawa Barat, Rabu (3/1/2024).

Baca juga: Perundungan di Sekolah, Akan sampai Kapan?

Wahyu menjelaskan, langkah pertama yang dilakukan untuk mengatasi kerusakan tersebut adalah melakukan proses asesmen kelayakan terlebih dahulu.

Jika hasil penilaian menunjukkan bangunan tidak layak digunakan, maka sekolah akan melakukan pembelajaran secara hybrid yakni luring atau daring.

"Kami sudah usulkan ke Dinas PUPR untuk segera mengasesmen, menilai bangunan ini layak fungsi atau tidak," ujarnya.

Wahyu pun berharap, semua proses tersebut berjalan lancar sehingga tidak mengganggu keberlangsungan pembelajaran siswa di awal semester tahun 2024.

"Mudah-mudahan tidak ada lagi gempa susulan. Sehingga, saat nanti siswa masuk sekolah semua dalam kondisi yang layak," ucap dia.

Baca juga: 10 Beasiswa S2 2024, LPDP hingga New Zealand Scholarship

Sebelumnya diberitakan, Kabupaten Sumedang diguncang gempa dengan kekuatan magnitudo 4,8 pada Minggu (31/12/2023) sekira pukul 20.34 WIB.

Titik gempa bumi berada di timur laut Kabupaten Sumedang dengan kedalaman 5 kilometer. Gempa susulan berkekuatan 4.4 magnitudo kembali mengguncang wilayah Sumedang, Senin (1/1/2024) pukul 20.46 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com