Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Lulusan SMK Bisa Daftar Akmil 2024? Ini Syarat Lengkapnya

Kompas.com - 03/01/2024, 18:30 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penerimaan calon taruna taruni Akmil (Akademi Militer) tahun 2024 dibuka pada 1 Februari 2024.

Penerimaan Akmil 2024 ini bisa dimanfaatkan para siswa yang ingin berkarier di dunia militer. Sebagai informasi, Akademi Militer adalah sekolah pendidikan TNI Angkatan Darat dan Sekolah Perwira Prajurit Karier TNI di Kota Magelang, Jawa Tengah.

Lulusan pendidikan Akmil adalah perwira TNI AD berpangkat letnan dua sesuai korps/kecabangan masing-masing yang berkemampuan dasar jabatan golongan VIII setingkat komandan peleton.

Lulusan Akmil memiliki kualifikasi akademis diploma IV (setara dengan Sarjana Strata-1) dengan gelar Sarjana Terapan Pertahanan S.Tr.(Han).

Baca juga: Syarat Masuk Akmil bagi Wanita, Cek Juga Cara Daftarnya

Lulusan SMK apakah bisa daftar Akmil 2024

Namun apakah pada penerimaan taruna taruni Akmil 2024 kali ini lulusan SMK bisa mendaftar?

Dilansir dari laman resmi ad.rekrutmen-tni.mil.id, Rabu (3/1/2023), dalam persyaratan penerimaan Akmil 2024 tertera bahwa yang bisa mendaftar hanyalah lulusan SMA/MA.

Sehingga lulusan SMK belum bisa mendaftar ke Akmil. Persyaratan lulusan SMK tidak bisa mendaftar di Akmil ini sama dengan persyaratan tahun sebelumnya.

Bagi lulusan SMA/MA yang ingin mendaftar Akmil 2024, berikut persyaratan lengkapnya yang wajib dipenuhi.

Persyaratan umum menjadi Akmil 2024

1. Warga Negara Indonesia.

2. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa (menganut salah satu dari 6 agama yang diakui di Indonesia atau penghayat kepercayaan).

3. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

4. Berumur paling rendah 17 tahun 9 bulan dan paling tinggi 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan pertama tanggal 1 Agustus 2023.

5. Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Polri.

6. Sehat jasmani dan rohani serta tidak berkacamata.

7. Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

Baca juga: Apakah Lulusan SMA Jurusan IPS Bisa Masuk Akpol? Cek Jawabannya

Persyaratan lain untuk mendaftar Akmil 2024

1. Pria/wanita bukan anggota/mantan prajurit TNI/Polri dan PNS.
2. Berijazah SMA/MA dengan ketentuan nilai sebagai berikut:

  • Lulusan tahun 2018. Lulusan SMA/MA program IPA/IPS, lulus ujian akhir nasional dengan nilai UN rata-rata minimal 46,00.
  • Lulusan tahun 2019. Lulusan SMA/MA program IPA/IPS nilai UN rata-rata minimal 47,50.
  • Lulusan tahun 2020. Lulusan SMA/MA program IPA (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Biologi, Kimia dan Fisika ) dan IPS (Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Geografi, Sosiologi dan Ekonomi) menggunakan nilai rata-rata raport kelas X sampai dengan XII minimal 70 dan tidak ada nilai di bawah 60.
  • Lulusan tahun 2021. Lulusan SMA/MA program IPA (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Biologi, Kimia dan Fisika ) dan IPS (Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Geografi, Sosiologi dan Ekonomi) menggunakan nilai rata-rata raport kelas X s.d. XII minimal 75 dan tidak ada nilai di bawah 65.
  • Lulusan tahun 2022. Lulusan SMA/MA program IPA (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Biologi, Kimia dan Fisika ) dan IPS (Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Geografi, Sosiologi dan Ekonomi) menggunakan nilai rata-rata raport kelas X sampai dengan XII minimal 75 dan tidak ada nilai di bawah 65, untuk lulusan SMA/MA daerah Papua dan Papua Barat (Khusus Putra Asli) nilai rata-rata raport kelas X sampai dengan XII minimal 70 dan tidak ada nilai minimal untuk tiap mata pelajaran.
  • Lulusan tahun 2023 untuk Calon Taruna/Taruni Akmil reguler akan ditentukan kemudian.

3. Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama mengikuti pendidikan pertama sampai dengan 1 (satu) tahun setelah selesai pendidikan pertama.
4. Mempunyai tinggi badan sekurang-kurangnya 163 cm bagi pria dan 157 cm bagi wanita dan memiliki berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.
5. Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 tahun.
6. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia;
7. Memiliki kartu BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) aktif.

Baca juga: Berapa Lama Pendidikan Akpol dan Akmil? Simak Penjelasannya

Demikian informasi mengenai lulusan SMK yang tidak bisa mendaftar Akmil 2024. Karena syarat yang bisa mendaftar Akmil 2024 adalah lulusan SMA/MA.

Siswa lulusan SMA/MA bisa memanfaatkan pendaftaran Akmil 2024 yang baru akan dibuka Februari 2024 mendatang dan setelah lulus kamu bisa berpangkat Letnan Dua atau Letda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com