Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisuda 3.457 Lulusan, Rektor Uhamka Ajak Wisudawan Jadi Agen Perubahan

Kompas.com - 23/12/2023, 10:34 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Rektor Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (Uhamka) Prof. Gunawan mengajak setiap lulusan Uhamka menjadi agent of change atau agen perubahan yang mampu membawa perubahan berkemajuan.

Hal ini disampaikan rektor dalam Sidang Terbuka Senat Uhamka dalam rangka Wisuda Magister, Sarjana, dan Ahli Madya tahun 2023 di Balai Sidang Jakarta Convention Center dengan mengangkat tema "Uhamka Mendidik: Ikhtiar Menyelamatkan Semesta" (23/12/2023).

“Uhamka sebagai Perguruan tinggi yang unggul terus berupaya menciptakan insan muda yang gigih dan bertekat dalam menghadapi tantangan perubahan zaman," ungkap Rektor Uhamka.

"Lulusan Uhamka tentunya harus memiliki kompetensi pengajaran yang inovatif, mampu mendalami peluang-peluang dari kemajuan IPTEK, serta mengimplementasikan tranformasi digital," tambah Prof. Gunawan.

"Kami harap tekad ini dapat membawa perubahan berkemajuan di masa depan,” pesannya.

Acara wisuda kali ini turut dihadiri Prof. Muhadjir Efendy (Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Menteri Kemenko PMK), Prof. Dadang Kahmad (BPH Uhamka), Prof. Toni Toharudin (Kepala LLDIKTI Wilayah III), dan Prof. Sururin (Kepala Kopertais Wilayah I DKI Jakarta). 

Wisuda dihadiri 3.457 peserta terbagi menjadi tiga sesi wisuda. Sesi pertama dihadiri 1.285 peserta wisuda dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Psikologi (FPsi).

Sesi kedua dihadiri oleh 1.343 peserta wisuda dari Fakultas Ekonomi dan Bisni (FEB), Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan (FIKES), dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), dan Fakultas Agama Islam (FAI).

Sesi ketiga dihadiri oleh 829 peserta wisuda dari Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Farmasi dan Sains (FFS), Fakultas Teknologi Industri dan Informatika (FTII), dan Sekolah Pascasarjana (SPs).

Prof Gunawan Rektor Uhamka mengungkapkan Uhamka mendorong sumber daya yang dimiliki sebagai sinergi yang kuat dalam mendongkrak peningkatan kualitas perguruan tinggi.

"Ini merupakan komitmen Uhamka terhadap Catur Dharma Perguruan Tinggi dengan menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya saing tinggi di kancah nasional maupun internasional," tegasnya.

Sebagai komitmen terhadap Catur Dharma Perguruan Tinggi, lanjut Prof. Gunawan, Uhamka bertekad terus meningkatkan mutu universitas serta mendorong fakultas dan program studi unggul dan berdaya saing, baik di nasional maupun internasional.

"Uhamka juga terus mengoptimalkan sumber daya manusia sebagai kekuatan terbesar dalam mengupayakan peningkatan perguruan tinggi yang religius, visioner, produktif, profesionalisme, transparansi, serta komunikasi aktif,” tuturnya.

Ia melanjutkan, Uhamka memajukan visi menjadi Prophetic Teaching University yang mencerdaskan secara spiritual, intelektual, emosional dan sosial untuk mewujudkan peradaban berkemajuan.

"Prophetic Teaching University terinspirasi dari teladan Nabi Muhammad SAW dengan mentransformasikan nilai-nilai Integrity, Trust and Compassion," ungkapnya.

"Kami percaya nilai-nilai itu lah yang akan menjadi modal sosial dan kultural dalam mengelola Perguruan Tinggi yang unggul dan berdaya saing baik nasional maupun Internasional,” ujar Prof. Gunawan.

Di akhir, ia mengingatkan generasi muda akan menghadapi tantangan pendidikan di era digital.

Baca juga: Keluarga Wakili Wisuda 2 Mahasiswa UNP yang Jadi Korban Erupsi Marapi

"Maka Uhamka berupaya meluluskan yang mampu menemukan metode pengajaran yang inovatif, mampu menggali peluang integrasi IPTEK, mengembangkan keilmuan yang relevan dengan tuntutan zaman, dan memahami trasformasi digital dalam kehidupan," pungkasnya.

Selain rektor, Sidang Senat Terbuka juga dihadiri oleh Anisia Kumala (Wakil Rektor I), Desvian Bandarsyah (Wakil Rektor II), Prof. Nani Solihati (Wakil Rektor III), Muhammad Dwifajri (Wakil Rektor IV), Senat Universitas, Keluarga Buya Hamka, orangtua wisudawan, dan mitra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com