Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Ayah dan Anak Wisuda S2 Bersama, Raih Gelar Magister Manajemen

Kompas.com - 02/12/2023, 17:00 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada cerita menarik pada momen wisuda di Telkom University. Ketika biasanya orangtua mendampingi anaknya di acara wisuda, kali ini, justru ayahnya mengikuti prosesi wisuda bersama anaknya.

Itulah yang terjadi pada pasangan ayah dan anak, Riza Zacharias dan Zuhdan Ainul Ihsan. Keduanya mengikuti gelaran Wisuda Telkom University Periode I Tahun Akademik 2023/2024 yang digelar di Telkom University Convention Hall, Jumat (1/12/2023).

Keduanya sama-sama meraih gelar Magister Manajemen dari Program Studi S2 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University.

Zuhdan, merupakan alumnus Telkom University tahun 2018 yang mengambil program Direct-Track Magister Manajemen.

Baca juga: Cerita Tina Toon Jadi Wisudawan Kehormatan Universitas Terbuka

Ayah dan anak wisuda bersama di Telkom University

Setelah menjalani perkuliahan selama satu semester, Riza pun ikut memulai perkuliahan pada program studi yang sama dengan anaknya.

Menurut Zuhdan, ini adalah pengalaman menarik baginya karena menjalani pendidikan bersama sang ayah.

"Masyaallah ini pertama kalinya kuliah bareng Ayah dan akhirnya lulus bareng, rasanya luar biasa," papar Zuhdan seperti dikutip dari laman Telkom University.

Dia mengaku, ada banyak momen lucu terutama ketika mengerjakan tesis bersama, mengerjakan revisi bersama hingga bertemu dosen pembimbing bersama.

"Sampai sidang bareng, dan mengurus urusan administratif bareng-bareng juga," ungkap Zuhdan.

Baca juga: Lowongan Magang Kemensetneg 2024, Ini Syarat dan Cara Daftar

Punya teman seperjuangan

Sementara itu, Riza mengaku menjalani kuliah bersama anaknya membuatnya memiliki teman seperjuangan untuk saling menyemangati dan mendukung hingga dapat lulus bersama.

"Meskipun anak saya masuk kuliah lebih dulu, tapi ketika saya memulai progres tesis duluan, dia juga jadi terpacu untuk lulus bareng," tutur Riza.

Dia dan anaknya berusaha untuk membuat timeline lulus bersama sambil saling menyemangati, saling support dan saling menguatkan.

Meskipun menjalani wisuda bersama, Riza tetap mengungkapkan rasa bangga dan harapan bagi anaknya.

"Amanah ilmu adalah amanah yang justru menjadikan manusia yang semakin humble dan menyadari bahwa di dunia ini banyak yang lebih hebat dari kita," tandas Riza.

Baca juga: Perbedaan Akmil dan Akpol, Hanya Lulusan SMA/MA yang Bisa Daftar

Dia menambahkan, banyak kesempatan berkontribusi untuk menerapkan dan mengamalkan ilmu yang diperoleh.

"Belajar itu tidak hanya di sini saja, bisa terus berlanjut dimanapun untuk bekal hidup di dunia dan akhirat," pungkas Riza.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com