Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meninggal Sebelum Wisuda, Lulusan Cumlaude UNY Diwakili Sang Paman

Kompas.com - 03/12/2023, 08:00 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rianty Purnamasari, mahasiswa prodi S2 Teknologi Pembelajaran Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) tidak pernah sempat mengenakan toga wisuda karena kecelakaan dan meninggal dunia pada Sabtu 30 September 2023 di Riau.

Pada gelaran wisuda Periode II Tahun Akademik 2023/2024 UNY pada Sabtu (2/12/2023), tanda kelulusan Rianty diwakili sang paman, Sumanto.

Rianty berhasil menyandang gelar cumlaude karena lulus dengan IPK 3,93.

Baca juga: Sosok Dokter Imel yang Tunanetra dan Dapat Beasiswa ke London

Dari 18 mata kuliah yang diambilnya, semua mendapat nilai A dan hanya 5 mata kuliah mendapatkan nilai A minus, serta tidak memiliki nilai B.

Rianty menulis tesis berjudul "Evaluasi Program Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Imla’ Di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta."

Rianty Purnamasari, mahasiswa UNY yang telah meninggal dunia dan wisuda digantikan pamannya. SOK. UNY Rianty Purnamasari, mahasiswa UNY yang telah meninggal dunia dan wisuda digantikan pamannya.

Baca juga: 6 PTN yang Buka Kelas Karyawan pada Jenjang S1, S2, dan S3

Kuliah bersama dengan sepupu terdekat

Sumanto sendiri hadir di UNY tak hanya menggantikan Rianty. Putrinya yang bernama Aulia Sri Utami, mahasiswa prodi S2 Linguistik Terapan Fakultas Bahasa Seni dan Budaya juga diwisuda.

Aulia dan Rianty adalah saudara sepupu yang dekat sejak kecil. Sumanto mengatakan keduanya sempat sekolah bersama di Pondok Gontor Ngawi sejak MTs hingga MA. Namun, saat kuliah jenjang S1, keduanya berpisah karena berbeda perguruan tinggi.

Beruntunglah mereka berdua diterima studi lanjut pada perguruan tinggi yang sama untuk jenjang S2 walaupun berbeda program studi.

Hanya saja, takdir berkata lain, dua bersaudara ini tidak pernah berdampingan saat menerima ijazah karena Rianty lebih dulu berpulang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com