Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukrida Raih Gold Winner "Anugerah Kelembagaan Diktiristek 2023"

Kompas.com - 21/12/2023, 18:26 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) meraih Gold Winner dalam "Anugerah Kelembagaan Diktiristek 2023" sebagai Perguruan Tinggi Pelaksana Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) 2023 Liga III Regional I.

Penghargaan diterima secara langsung oleh Rektor Ukrida, Wani Devita Gunardi dalam acara Malam Anugerah Diktiristek “Membangun Negeri Melalui Transformasi Pendidikan" yang digelar pada Rabu, 13 Desember 2023, bertempat di Jakarta.

Plt. Dirjen Diktiristek, Prof. Nizam dalam acara tersebut menegaskan, transformasi pendidikan tinggi selama empat tahun terakhir telah berlangsung akseleratif melalui program merdeka belajar kampus Merdeka (MBKM).

Prof. Nizam juga menyampaikan laporan Global Innovation Index, di mana Indonesia mengalami kenaikan peringkat dari peringkat 35 di tahun 2020, menjadi peringkat 5 di akhir tahun 2023.

Salah satu indikatornya adalah kolaborasi kampus dengan dunia usaha dan dunia industri dalam riset dan pengembangan.

Dalam kesempatan sama, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendikbudristek, Suharti mengatakan, transformasi pendidikan melalui MBKM telah mengasah keterampilan mahasiswa dari berbagai sisi. 

Ia berharap, program MBKM dapat terus dirasakan manfaatnya oleh banyak pihak.

Program Kompetisi Kampus Merdeka

Pelaksanaan PKKM, termasuk oleh Ukrida, bertujuan meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan tinggi dengan memfasilitasi aspirasi, inovasi, dan semangat sivitas akademika dalam merespon dinamika kehidupan masyarakat yang terjadi.

Ukrida memperoleh hibah PKKM untuk Program Studi Akuntansi (tahun 2022) serta Program Studi Informatika, Manajemen, Institutional Support System (ISS) MBKM (tahun 2023).

Baca juga: Program World Class Professor, Direktur Sumber Daya Dikti: Tingkatkan Kualitas Riset dan Publikasi

Capaian ini berdampak besar untuk implementasi MBKM dan pencapaian kinerja utama perguruan tinggi, karena dasar penilaian atau kriteria penerima penghargaan meliputi Indikator capaian, indicator kinerja utama (IKU), dan kinerja pengelola.

Berdasarkan pada jumlah mahasiswa dan akreditasi perguruan tinggi, pengelompokan perguruan tinggi yang ditawarkan pada PKKM tahun 2023 dibagi menjadi 3 (tiga) Liga.

Perguruan Tinggi Liga-3 diharapkan dapat mendorong pengembangan inovasi Perguruan Tinggi di bidang pembelajaran dengan menerapkan kebijakan Kampus Merdeka agar secara langsung meningkatkan mutu dan efektivitas pembelajaran.

Dalam Liga 3, peningkatan mutu pembelajaran diharapkan mencakup pemutakhiran kurikulum yang memenuhi standar nasional pendidikan tinggi, dimana Ukrida menyusun kurikulum bersama mitra eksternal perguruan tinggi dari dunia usaha dan dunia industri.

Kepala Unit Pengembangan Kreativitas Akademik (PKA) Ukrida sebagai Koordinator pengelolaan Hibah, Mata Kuliah Wajib, dan MBKM, Prasasti Peranginangin menegaskan target capaian Liga 3 PKKM 2024, yaitu semua prodi berlanjut untuk tahun ke-2 dan ISS berlanjut untuk tahun ke-2.

Prasasti juga menargetkan penyerapan akselerasi MBKM meningkat 100 persen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com