Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Sari, Anak Petani Jadi "Content Creator" untuk Biayai Kuliahnya Sendiri

Kompas.com - 18/12/2023, 07:47 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Alam Sari, alumnus SMKN 1 Kademangan, Blitar, Jawa Timur, ini kini telah menjadi content creator untuk beberapa brand.

Sari, sapaan akrabnya, sudah menjadi content creator sebelum lulus SMK. Siswa yang dulu mengambil Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran ini bahkan pernah membuat konten dengan 1,9 juta viewers atau penonton.

“Saya senang dengan bisnis dan juga membuat konten. Di SMKN 1 Kademangan mempunyai jurusan tersebut dan memfasilitasi keterampilan saya hingga meningkat,” ungkap Sari, dilansir dari laman Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Baca juga: Kisah Lisa, Lulusan Terbaik FMIPA, Masa Studi 3 Tahun dan Raih IPK 3,98

Sari bercerita ketertarikan menjadi content creator berawal saat ia ditugasi mengatur dan mengurus akun media sosial sekolah dan ekstrakurikuler.

Menurutnya, memegang kedua akun tersebut melatih kreativitasnya dalam membuat konten. Saat masih duduk di bangku SMK, ia pun sering membuat konten menarik tentang mitos dan fakta sekolah, acara sekolah, dan perayaan hari besar.

Keunggulan belajar di vokasi, kata Sari, lulusan bisa mempunyai portofolio yang cukup banyak karena pembelajaran berbasis proyek dan praktik. Itulah yang dipercayai oleh Sari ketika ia memutuskan untuk sekolah di SMK.

“Saya juga selalu diberikan pelatihan, contohnya adalah pelatihan kelas usaha digital, yang merupakan kerja sama antara sekolah dengan industri,” tutur Sari.

Baca juga: Kisah Mujab, Lulusan UI Gapai Beasiswa LPDP ke Inggris berkat Doa Ibu

Berkat pembelajaran di SMK, Sari pun menguasai berbagai keterampilan, seperti copywriting, digital marketing, dan editing foto dan video. Menurutnya, itu adalah keterampilan penting untuk membuatnya memiliki nilai tambah.

Konten Sari tembus hampir 2 juta viewers

Sebelum lulus, Sari mendapatkan pekerjaan sampingan dan berhasil branding akun kuliner, yaitu @angkringan.mindo dan @hj.toyib pada tahun 2022.

Tak hanya itu, di tahun 2023, Sari pun mengelola akun @ikimercon dan berhasil tembus 1,9 juta penonton atau viewers dan ratusan ribu suka (likes) untuk konten produk tersebut.

“Kontennya bersifat soft selling untuk produk iki.mercon dan membahas tentang suami yang membeli cabai di pasar, tetapi terlalu banyak," kata dia.

Menurut Sari, konten-konten yang viral adalah konten yang bersifat soft selling dan menceritakan kehidupan sehari-hari, terutama kejadian-kejadian lucu.

Baca juga: Beasiswa S1-S2 Brunei Darussalam 2024, Kuliah Gratis dan Tunjangan

Selain itu, menggunakan hook yang menarik dan konten sesuai tren juga bisa membuat viral. Dalam seminggu, biasanya ia membuat 5 konten untuk akun @ikimercon.

“Bikin konten itu harus tahu keunikan produk apa agar bisa ditonjolkan di konten tersebut. Lalu cari ide kreatifnya. Itulah yang saya pelajari ketika di SMK,” jelas Sari.

Anak petani yang bisa biayai kuliahnya sendiri

Gadis kelahiran 2003 itu pun merasa tepat memilih SMK karena memberikan peluang yang besar, baik untuk bekerja maupun masuk dunia perkuliahan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com