Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Beasiswa S1 Tahun 2024: Bebas Biaya Kuliah dan Dapat Tunjangan

Kompas.com - 17/12/2023, 12:15 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada 8 beasiswa jenjang S1 ke luar negeri yang pendaftarannya sudah dibuka bagi pelajar Indonesia yang akan melanjutkan pendidikan tinggi di tahun 2024.

Selain kuliah gratis, beasiswa ini juga menawarkan bantuan uang saku, biaya transportasi, dan tunjangan lainnya. 

Selain itu, kuliah di luar negeri bisa memberikan sejumlah keuntungan bagi siswa. Seperti kesempatan untuk bisa merasakan sistem pembelajaran yang berbeda dari dalam negeri. Lalu, merasakan perbedaan budaya dan bisa menjalin relasi internasional dengan siswa dari negara lain. 

Baca juga: Beasiswa S2 Finlandia 2024, Kuliah Gratis di Negara Paling Bahagia

Daftar beasiswa S1 gratis ke luar negeri 2024

1. Beasiswa University of Toronto - Kanada

Beasiswa S1 ke luar negeri gratis yang pertama berasal Pemerintah Kanada. Beasiswa memberikan bantuan biaya pendidikan, biaya hidup selama kuliah di kanada, tunjangan buku, dan biaya jika ada keperluan tidak terduga. Beasiswa ini masih dibuka sampai 15 Januari 2024.

2. Australian National University - Australia

Australian National University menyediakan beberapa program beasiswa Australia bagi calon mahasiswa dari Asia Tenggara, termasuk College of Business and Economics South East Asia Merit Scholarship juga Chancellor's International Scholarship di Australian National University (ASU). Batas waktu pendaftaran beasiswa ini adalah 25 Januari 2024.

Baca juga: Beasiswa S1-S2 Brunei Darussalam 2024, Kuliah Gratis dan Tunjangan

3. RMIT STEM Scholarship - Australia

RMIT atau Royal Melbourne Institute of Technology memberikan beasiswa S1 gratis dengan bantuan mencapai 10,000 dollar Australia atau sekitar Rp 104 juta.

Beasiswa ini khusus mahasiswa yang mempelajari bidang STEM yaitu Sains, Teknologi, Engineering, dan Matematika. Namun untuk batas waktu pendaftaran, berbeda-beda tergantung pilihan program. 

4. GREAT Scholarships - Inggris

Beasiswa dari British Council, GREAT merupakan program beasiswa masuk universitas luar negeri dengan menawarkan bantuan dana paling sedikit 10,000 poundsterling atau Rp 197 juta.

Kamu bisa menggunakan bantuan pendidikan ini untuk bayar kuliah pascasarjana di Inggris selama satu tahun.

Saat ini beasiswa untuk tahun 2024 sudah dibuka. Perguruan tinggi Inggris harus memberikan beasiswa paling lambat tanggal 30 Juni 2024. Batas waktu pendaftaran dapat bervariasi untuk setiap individu

5. Monbukagakusho - Jepang

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com