Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MAP Retail Academy Gandeng 4 Universitas Perkuat SDM Unggul Bidang Ritel

Kompas.com - 14/12/2023, 18:01 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com – MAP Retail Academy (MRA) menjalin kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di Indonesia dalam mempersiapkan mahasiswa masuk dalam dunia kerja, khususnya bidang ritel.

Sebagai informasi, MRA adalah pusat lembaga pelatihan dan asesmen sumber daya manusia (SDM) yang dikelola PT Mitra Akademi Perkasa, anak perusahaan dari PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP), peritel multi-channel branded commerce Indonesia.

Pada 11 Desember 2023, MRA melakukan menandatangani kerja sama Universitas Prasetiya Mulya, LSPR Institute of Communication and Business, dan LaSalle College Jakarta. Sebelumnya penandatangan kerja sama telah dilakukan dengan Universitas Indonesia pada 5 Desember 2023.

Penandatanganan kerja sama dilakukan di MAP Retail Academy bersama dengan Wakil Rektor III Bidang Penelitian dan Inovasi, Pengembangan Kemahasiswaan Non-Kurikuler, Kebangsaan dan Hubungan Alumni dari Universitas Prasetiya Mulya, Franky Supriyadi.

Dari LaSalle College Jakarta dilakukan langsung oleh Direktur Kampus, Bonatua Bona Ventura Napitu sedangkan dari LSPR Institute Communication and Business dilaksanakan oleh Wakil Rektor IV Lestari Nurhajati.

"Kami optimis kerja sama ini akan menjadi awal dari kolaborasi antara korporasi dan institusi pendidikan untuk membuka peluang lapangan kerja di Indonesia melalui pengembangan pengetahuan di bidang ritel," ungkap Handaka Santosa, Direktur MAP Retail Academy melalui rilis resmi (14/12/2023).

Kolaborasi MRA dan keempat universitas diharapkan akan membantu mahasiswa untuk siap terjun ke dunia kerja, melalui Employer Branding, yakni sebuah program pembekalan dengan menghadirkan pakar ritel dari MAP ke dalam materi pengajaran kelas dan seminar.

Selain itu, kerja sama ini juga membuka peluang bagi para mahasiswa untuk mempraktikkan ilmu selama masa perkuliahan melalui Program Magang yang disebut dengan MAP GROW.

Selain itu, perusahaan juga akan menyerap talenta-talenta terbaik dari universitas -universitas tersebut melalui program MAP GO atau Get Ready Onboarded.

Deputy Director for Academic and Government Partnership Universitas Indonesia, Eko Sakapurnama menyapaikan, “MAP perkuat kolaborasi dengan pihak UI untuk mendukung pengembangan SDM ekosistem industri retail yang unggul di level global.”

Hal senada disampaikan Wakil Rektor III Bidang Penelitian dan Inovasi, Pengembangan Kemahasiswaan Non-Kurikuler, Kebangsaan dan Hubungan Alumni dari Universitas Prasetiya Mulya, Franky Supriyadi.

"Kerjasama universitas dan Industri menjadi semakin penting saat ini. Tidak hanya sekedar menjembatani kesenjangan konsep dan praktik, tetapi juga sebagai pendorong kemajuan jangka panjang," ujar Franky.

"Dengan bersinergi, kita bersama-sama dapat mengembangkan angkatan kerja masa depan yang semakin mampu berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan dan sejahtera," tambahnya.

Baca juga: Meski Tingkat Kunjungan Naik, Harga Sewa Ruang Ritel di Jakarta Masih Stabil

Dalam kesempatan sama, Founder dan CEO LSPR Institute, Prita Kemal Gani menyampaikan, kerja sama ini merupakan kerja sama lanjutan yang merupakan bagian dari kerja sama perguruan tinggi dengan industri.

 

"LSPR Institut sangat mengapresiasi MAP yang menunjukan keseriusannya dalam mendukung proses Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” ujarnya,

Campus Director LaSalle College Jakarta, Bonatua Bona Ventura Napitu juga menegaskan,  kerja sama ini menjadi pelaksanaan kegiatan tri dharma perguruan tinggi untuk menghasilkan kualitas SDM yang inovatif, kreatif, adaptif, dan mandiri serta memenuhi kebutuhan praktek industri kreatif dalam skala nasional dan global.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com