Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah Regina Pacis Jakarta dan Pearson Edexcel Sinergi Hadirkan Kurikulum Internasional

Kompas.com - 10/12/2023, 20:05 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Sekolah Regina Pacis Jakarta menjalin kerja sama dengan Pearson Edexcel untuk kurikulum internasional. Sosialiasi kerja sama tersebut diadakan di Jakarta pada 2 Desember 2023 dengan menghadirkan narasumber David Albon, Direktur Pearson School and Qualifications. 

Sebagai informasi, ada beberapa kualifikasi internasional yang dikeluarkan Edexcel, salah satunya International A Level. International A Level dapat disandingkan dengan kualifikasi A Level yang diambil oleh murid-murid SMA di Inggris.

Kualifikasi International A Level dari Edexcel diterima di banyak universitas di dunia, mulai dari Russel Group di Inggris, Ivy League di Amerika, hingga Group of Eight di Australia.

Dengan kerja sama ini, Sekolah Regina Pacis mempersiapkan peserta didik sejak jenjang PAUD untuk bisa mencapai kualifikasi internasional tersebut.

Marketing Communication Manager Sekolah Regina Pacis Jakarta, Virra Rahayu melalui rilis resmi (10/12/2022) menjelaskan, meski mengadopsi International A Level, Sekolah Regina Pacis tetaplah sekolah swasta Katolik yang menggunakan kurikulum nasional, Kurikulum Merdeka.

"Karena Kurikulum Merdeka pun sudah selaras dengan kurikulum internasional, hanya saja masih dibutuhkan kerja sama dengan lembaga pendidikan internasional agar sekolah bisa menyelenggarakan asesmen yang diakui secara internasional," jelas Virra Rahayu.

"Kami menyebutnya dengan sebutan Recis Curriculum yang mempunyai lima pilar penyangga dalam memastikan standar output dan outcome dari lulusan peserta didik Sekolah Regina Pacis Jakarta," ungkapnya.

Baca juga: Nadiem Yakin Kurikulum Merdeka Terus Lanjut meski Ganti Menteri

Ia menjelaskan, lima pilar Recis Kurikulum terdiri atas: Kurikulum Nasional, Kurikulum International, Penguatan Karakter, Future Skill dan Digital Transformation.

Lebih jauh Virra menyampaikan, sebagai sekolah swasta Katolik, Sekolah Regina Pacis tetap mengedepankan pendidikan karakter yang mengakar pada spiritualitas Katolik dengan core value CHIPS terdiri dari Compassion, Humility, Integrity, Peace, and Servant Leadership.

Launching dan sosialiasi kerja sama Sekolah Regina Pacis Jakarta dan Pearson Edexcel untuk kurikulum internasional di Jakarta pada 2 Desember 2023. DOK. REGINA PACIS JAKARTA Launching dan sosialiasi kerja sama Sekolah Regina Pacis Jakarta dan Pearson Edexcel untuk kurikulum internasional di Jakarta pada 2 Desember 2023.

"Meskipun mengadopsi kurikulum internasional, sekolah Regina Pacis tetaplah sekolah nasional yang tetap menjunjung tinggi nasionalisme dan kebanggaan berbangsa dan berbahasa Indonesia," tegasnya.

Kerja sama antara Sekolah Regina Pacis Jakarta dan Pearson Edexcel sudah dimulai sejak 11 April 2023 sehingga Sekolah Regina Pacis resmi menjadi approved centre Pearson Edexcel dengan centre number 95713.

Lebih jauh Virra mengungkapkan, Sekolah Regina Pacis Jakarta mempunyai kekuatan yang menjadi sistem pendukung marketing di antaranya kekuatan dari Yayasan, tim Manajemen, Akademik dan juga dukungan orangtua dalam pengembangan dan kemajuan sekolah.

Sekolah Regina Pacis Jakarta didirikan tahun 1958 oleh kongregasi suster FMM (Fransiskan Misionaris Maria) dan di usia mencapai 65 tahun terus memperbarui diri mengikuti kebutuhan siswa dan memastikan siswa siap menghadapi pendidikan dan dunia kerja di dalam dan luar negeri.

Baca juga: Kemendikbud: Pencapaian Kurikulum Merdeka Bisa Terlihat pada PISA 2025

“Hal tersebut menjadi kunci strategi dari Sekolah Regina Pacis Jakarta menggandeng Pearson Edexcel UK untuk International Curriculum sebagai salah satu bentuk pengembangan kompetensi siswa yang dipersiapkan tidak hanya untuk di dalam negeri tetapi juga bisa berkarya dan berkompetisi di luar negeri,” pungkas Virra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com