Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PeaceGen dan Disdik Jabar Latih Guru Jadi Fasilitator Cegah Kekerasan di Sekolah

Kompas.com - 06/12/2023, 13:26 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis


KOMPAS.com - PeaceGeneration Indonesia dan Dinas Pendidikan Jawa Barat menggelar Pelatihan "Penguatan Keterampilan Guru sebagai Fasilitator Pencegahan 3 Dosa Besar Pendidikan" (27/11/2023) diikuti delapan sekolah mitra program Guru Masagi Abad 21.

Kegiatan ini bertujuan membangun budaya sekolah yang mendukung pencegahan kekerasan dengan memposisikan guru sebagai aktor strategis.

Senior Learning dan Product Development Officer PeaceGeneration Indonesia, Annisa Fitria melalui rilis resmi menyampaikan, melalui kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kapasitas guru dalam melaksanakan peran strategis sebagai agen perubahan untuk mencegah kekerasan di lingkungan sekolah.

"Melalui training ini, kami berharap para guru dapat memahami peran strategis mereka dalam mencegah kekerasan di sekolah, serta dapat mengatasi hambatan dan tantangan internal yang mungkin dihadapi," ujarnya.

"Dengan meningkatnya kapasitas guru, diharapkan akan terbentuk budaya sekolah yang positif, mendukung keberhasilan upaya pencegahan kekerasan, dan pada akhirnya berdampak positif pada prestasi belajar siswa," lanjut Annisa.

Training ini menggunakan modul 12 Nilai Dasar Perdamaian (NDP), modul yang cocok digunakan untuk mengajarkan perdamaian secara efektif di sekolah dengan cara yang seru dan menyenangkan.

Riyan Permana, salah satu guru dari SMK Pusdikhubad menyampaikan, metode penerapan 12 NDP ini menarik dan mudah diaplikasikan.

“Materi dan metodenya mudah untuk diaplikasikan, karena dikolaborasikan dengan games. Penting bagi guru membuka wawasan dengan menjadi fasilitator untuk pencegahan 3 dosa besar Pendidikan,” ujarnya.

Baca juga: Peringkat Indonesia di PISA 2022 Naik, Nadiem Apresiasi Guru dan Orangtua

Annisa menyampaikan, guru diharapkan mengetahui hambatan dan tantangan internal yang dimiliki, serta memiliki keterampilan menjadi fasilitator untuk cegah 3 dosa besar pendidikan di sekolah masing-masing.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com