Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IKJ Gelar "AnimaKini 2023", Perkuat Ekosistem Animasi Indonesia di Era AI

Kompas.com - 04/12/2023, 21:00 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Program tahunan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Kesenian Jakarta (IKJ) AnimaKini memasuki tahun ketujuh dan kembali digelar pada 4-5 Desember 2023 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Acara yang didukung Deskov FSRD IKJ dan Ainaki (Asosiasi Industri Animasi Indonesia) sejak dicetuskan kali pertama tahun 2016 ini didekasikan untuk mendukung generasi muda yang memiliki ketertarikan di bidang animasi.

AnimaKini 2023 mengusung tema “Rebooting Creativity" mengandung makna bagaimana kreativitas seniman beradaptasi terhadap tantangan AI Image Generation dan tools kecerdasan buatan lain.

Seniman didorong untuk menata ulang cara berinovasi dan proses kreatif dengan melampaui batas-batas tradisional dalam ranah seni dan desain animasi di era digital.

"Ekosistem dari bidang animasi dan industri kita undang untuk hadir. Sebisa mungkin kita menghubungkan dan mempertemukan di AnimaKini," ungkap Rektor IKJ Indah Tjahjawula yang berharap IKJ menjadi pusat keunggulan perguruan tinggi di bidang animasi.

Indah menjelaskan, kegiatan AnimaKini 2023 diawali dari "Animakini Goes To School" yang berlangsung dari 19 Oktober hingga 22 November 2023 dengan memperkenalkan dunia animasi kepada sekolah-sekolah di Jabodetabek.

Rangkaian puncak AnimaKini, jelas Rektor IKJ, terdiri dari sharing animasi dengan narasumber dari pengajar FSRD IKJ dan profesional, Industri Animasi dan Film serta Game, talkshow menarik dengan Virtual Youtuber dan Cosplayer.

Selain itu digelar pula acara menonton animasi hasil dari 69 pelajar dan mahasiswa peserta lomba.

Ketua AnimaKini sekaligus dosen DKV IKJ Norman Adi menjelaskan, tahun ini sekitar 70-an mahasiswa dan studio animasi Tanah Air terlibat langsung dalam kegiatan ini. "KIta ingin turut membangun ekosistem animasi Indonesia," tegas Norman Adi.

Dekan Dekan FSRD IKJ, Anindyo Widito berharap, AnimaKini dapat menjadi ajang kolaborasi dan membuat jejaring kerja antar wilayah antara sekolah, akademik, industri, pemerintah, dan komunitas.

Baca juga: Unjuk Karya, Himpunan Mahasiswa Animasi Polimedia Gelar Parade Otak Kanan VII

"Animasi memegang peran besar dalam berbagai bidang industri kreatif mulai dari politik, sosial, budaya, iklan, musik, dan lainnya. Gen Z dan Alpha sudah terbiasa dengan digital. Begitu pentingnya animasi ini sehingga kita berkolaborasi dengan siswa dan masyarakat," jelas Anindyo.

Rangkaian kegiatan AnimaKini 2023

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com