Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unkris dan UTM Gelar Seminar Internasional untuk Tingkatkan Kualitas Jurnal Ilmiah

Kompas.com - 02/12/2023, 17:11 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Krisnadwipayana (Unkris) dan University of Technology of Malaysia (UTM) menggelar seminar internasional “Navigating the World of Academic Journal: Writing and publishing” secara hibrid pada Sabtu, 25 November 2023.

Seminar diikuti lebih dari 250 peserta berasal dari kalangan dosen, mahasiswa pascasarjana, baik dari Unkris maupun perguruan tinggi lain dari dalam dan luar negeri.

Seminar internasional Unkris dan UTM menghadirkandua pembicara utama Assc. Prof. Assnul Dahar bin Minghat (UTM) dan Prof. Ace Suryadi (UPI) dengan moderator Donny Abdul Latief Poespowidjojo (Unkris).

Rektor Unkris Ayub Muktiono dalam sambutan mengatakan, Unkris memiliki visi menjadi universitas unggul pada 2025. Untuk mencapai visi tersebut berbagai upaya telah dan akan terus dilakukan oleh Unkris.

"Salah satunya adalah meningkatkan kualitas karya ilmiah yang dihasilkan oleh dosen dan mahasiswa Unkris. Karya ilmiah berkualitas yang dimaksud adalah yang dapat diterima jurnal internasional yang berkualitas dan terakreditasi," ungkap Ayub Muktiono.

“Seminar internasional ini menjadi bagian dari upaya Unkris memacu dosen dan mahasiswa untuk bagaimana menghasilkan karya ilmiah yang bisa terbit di jurnal internasional terakreditasi,” tambah Rektor Unkris.

Ia berharap melalui materi yang disampaikan dua pembicara tersebut dapat menambah wawasan dosen dan mahasiswa, juga akademisi yang mengikuti seminar internasional, terkait bagaimana bisa menembus jurnal internasional terakreditasi.

Ketua Penyelenggara Seminar Internasional, Dhistianti Mei Rahmawantari menjelaskan, tujuan seminar internasional ini antara lain meningkatkan kualitas artikel yang dihasilkan akademisi Unkris khususnya dan di Indonesia pada umumnya.

"Terutama para mahasiswa pascasarjana yang membutuhkan bimbingan dan masukan mengenai bagaimana menulis dan menerbitkan artikel yang berkualitas, dan secara online adalah para akademisi dari berbagai macam daerah termasuk mancanegara," jelasnya.

Dhistianti menyampaikan, dalam menulis artikel ilmiah berkualitas diperlukan hasil temuan yang mendalam dan berdampak kepada masyarakat maupun akademis, literatur review yang update, dan analisis kritis.

“Seminar internasional ini diharapkan dapat membuka cakrawala berpikir para peserta dalam menghadapi permasalahan tersebut," harapnya.

Sementara itu, Assc. Prof. Assnul Dahar bin Minghat dalam materi menyampaikan pentingnya melakukan publikasi dosen, mahasiswa maupun akademisi lain dalam jurnal internasional terakreditasi.

Ia juga mengingatkan pentingnya akademisi untuk memilih jurnal yang baik sesuai dengan bidang ilmu artikel yang ditulis.

Baca juga: 5 Situs Jurnal Ilmiah Gratis, Cocok untuk Cari Referensi Skripsi

Sedang Prof. Ace Suryadi menyampaikan pentingnya memilih jurnal berkualitas untuk menerbitkan artikel.

Untuk mengidentifikasi jurnal berkualitas setidaknya terdapat 6 faktor harus diperhatikan; High-Impact, Peer Reviewed Journal, Open access journal, Indexed Journal, Predatory journal, dan Society Journal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com