Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kampus Negeri Punya Jurusan Perfilman, Sekian Biaya Kuliahnya

Kompas.com - 02/12/2023, 09:12 WIB
Theresia Aprilie,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Program studi perfilman menjadi pilihan menarik bagi mereka yang ingin mendalami seni dan teknik pembuatan film. Di dalamnya, tidak hanya diajarkan aspek kreatif dan artistik, tetapi juga aspek produksi, manajemen, dan bisnis dalam industri film.

Lulusan jurusan perfilman dapat berkarier sebagai sutradara, penulis naskah, produser, editor, sinematografer, kritikus film, dan lain-lain.

Melihat industri film di Indonesia terus berkembang, menunjukkan bahwa jurusan perfilman memiliki prospek yang menjanjikan di masa depan.

Baca juga: Film Animasi UMN Tembus Nominasi FFI 2023

Namun, tidak semua kampus di Indonesia menyediakan jurusan perfilman. Berikut ini adalah 5 kampus negeri dengan jurusan perfilman di Indonesia yang bisa dipilih calon mahasiswa, beserta biaya kuliahnya yang telah dirangkum oleh Kompas.com.

1. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Unpad adalah salah satu kampus negeri terkemuka di Indonesia, yang memiliki program studi (Prodi) S1 Televisi dan Film di bawah Fakultas Ilmu Komunikasi.

Fasilitas yang disediakan meliputi studio televisi, laboratorium film, laboratorium editing, dan laboratorium multimedia.

Biaya kuliah di program studi ini tergantung pada kategori yang ditentukan berdasarkan jalur masuk. Berikut biaya kuliah jurusan Televisi dan Film di Unpad:

  • Jalur SNBP dan SNBT: Rp 500.000 - Rp 9 juta (tergantung golongan UKT 1-8)
  • Jalur SMUP: UKT: Rp 8 juta per semester dan Iuran Pengembangan Institusi (IPI) minimal Rp 55 juta (dibayar satu kali).

2. Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta

ISI Yogyakarta adalah salah satu kampus seni terbaik di Indonesia yang memiliki Prodi S1 Televisi dan Film di bawah Fakultas Seni Media Rekam.

Prodi ini mengembangkan ilmu dan keterampilan di bidang audio visual dengan berwawasan budaya nasional.

Kurikulumnya mencakup mata kuliah seperti penulisan naskah, pengarahan, tata artistik, manajemen produksi, editing, dan lain-lain.

Baca juga: Cek 6 Institut Seni Terbaik di Indonesia dan Daftar Prodinya

Berikut ini biaya kuliah prodi Televisi Film di ISI Yogyakarta:

  • UKT: Rp 500.000-Rp 3,5 juta
  • Iuran Pengembangan Institusi (IPI) khusus jalur mandiri: Rp 2 juta - Rp 12 juta.

3. Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Bandung

ISBI Bandung adalah salah satu kampus seni yang berfokus pada pengembangan seni dan budaya Indonesia yang memiliki Prodi D4 Televisi dan Film di bawah Fakultas Budaya dan Media.

Program studi ini mengajarkan tentang seni dan teknik pembuatan film dengan mengaplikasikan nilai-nilai budaya lokal, nasional, dan global. Berikut ini biaya kuliah jurusan film dan televisi di ISBI:

  • Biaya Kuliah Tunggal (BKT): Rp 8,063 juta per semester
  • UKT: Rp 500.000 - Rp 7,5 juta (berdasarkan golongan 1-8).

Baca juga: Cek 10 Jurusan ISBI Bandung dan Daya Tampungnya di SNBP-SNBT 2023

4. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

UPI adalah salah satu kampus negeri yang bergerak di bidang pendidikan yang memiliki Prodi S1 Televisi dan Film di bawah Fakultas Pendidikan Seni dan Desain.

Prodi ini mengkombinasikan antara ilmu pendidikan dan ilmu film, dengan tujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu mengajar dan berkarya di bidang televisi dan film.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com