Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Literasee Exhibition", Memperkuat Literasi lewat Budaya Pop Indonesia

Kompas.com - 01/12/2023, 17:36 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Mahasiswa program studi Desain Komunikasi Visual Universitas Bunda Mulia (UBM) kampus Ancol menggelar "Literasee Exhibition" pada 10-17 November 2023 mengusung berbagai kreasi desain mendukung literasi melalui budaya pop.

"Literasee Exhibition menyuguhkan konsep penggabungan budaya Indonesia dengan budaya popular atau pop culture yang sedang in saat ini terutama melalui literasi," jelas Marcomm Manager UBM Angelica Pramesthiningsih melalui rilis resm (1/12/2023).

"Melalui tema tersebut, Literasee mengajak para pengunjung untuk menjelajahi dunia melalui karya-karya lukisan, tipografi, dan buku yang menarik yang dibuat oleh mahasiswa dan mahasiswi," lanjutnya. 

Acara dimulai dengan Parade Kostum dan pemilihan Kostum Terbaik yang diadakan pada tanggal 10 November 2023 bertepatan dengan hari Pahlawan Nasional kemudian dilanjutkan sesi fun games yang menggunakan tema pahlawan.

Ada 2 jenis games yang dimainkan yaitu Mobile Legends dan Lokapala. Dilanjut dengan acara utamanya, yakni pameran karya Literasee.

Dekan Fakultas Teknologi dan Desain UBM, Fransiskus Adikara mengatakan, “pameran Literasee ini menjadi ajang inspirasi bagi mereka yang ingin menggali lebih dalam seni bertemakan budaya dan keindahan Indonesia."

Ia berharap, para pengunjung dapat membaca dan menikmati karya sehingga sudut ruangan pameran pun disiapkan sebagai area membaca.

"Kami juga menyelenggarakan webinar terkait ilustrasi buku anak yang dibawakan oleh Lenny Wen seorang illustrator berbasis di Austria dan juga merupakan alumni Desain Komunikasi Visual UBM," ungkap Fransiskus Adikara.

"Tidak hanya Lenny Wen, Liffi Wongso yang juga merupakan alumni Desain Komunikasi Visual UBM sekaligus ilustrator muda yang sedang naik daun, membagikan tips dan trik-nya untuk membangun gaya ilustrasi yang menarik," tambahnya.

Baca juga: Dukung Gerakan Literasi di Jawa Tengah, Nojorono Kudus Donasikan Buku Caping Kalo

Dalam kesempatan tersebut, UBM menghadirkan Surianto Rustan, penulis buku desain dan juga desainer aktif, memberikan materi terkait tipografi.

Dalam sesi ini, para penulis buku bercerita tentang bagaimana proses membuat buku tersebut, tantangan apa saja yang mereka hadapi, dan mereka juga memberikan tips bagi partisipan yang ingin menerbitkan buku.

"Literasee Exhibition merupakan salah satu komitmen UBM untuk merangkul kreasi budaya dan mengijinkan siapapun menyelami dunia seni dan literasi lebih dalam lagi," tutup Angelica Pramesthiningsih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com