Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

BRI Insurance dan IIS Gelar Edukasi dan Literasi Asuransi Syariah kepada Mahasiswa FSAD ITS

Kompas.com - 29/11/2023, 14:23 WIB
Sri Noviyanti

Editor

KOMPAS.com – BRI Insurance (BRINS) kembali bekerja sama dengan Islamic Insurance Society (IIS) untuk menggelar seminar literasi asuransi syariah kepada ratusan mahasiswa Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Selasa, (28/11/2023).

Kegiatan tersebut mengangkat dua tema, yaitu “Mengenal Asuransi Syariah” yang disampaikan oleh EVP Bisnis Syariah PT BRI Asuransi Indonesia Eka Indria Sari dan tema “Prinsip Dasar Aktuaria dalam Konsep Asuransi Syariah” disampaikan oleh perwakilan dari IIS, Nurdin Kosasih.

Adapun gelaran tersebut digelar dengan tujuan memberikan pengenalan asuransi syariah sejak dini dan edukasi kepada calon-calon aktuaris dari ITS sebelum terjun ke masyarakat, baik sebagai nasabah asuransi syariah maupun sebagai praktisi aktuaris di industri perasuransian syariah.

Hal tersebut sejalan dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 69 tahun 2016 yang mewajibkan setiap perusahaan asuransi untuk memiliki tenaga ahli dan aktuaris perusahaan.

Berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan OJK pada akhir 2022, tercatat bahwa tingkat literasi keuangan syariah baru mencapai 9,14 persen, sedangkan tingkat inklusi keuangannya hanya 12,12 persen.

Direktur Utama BRI Insurance, Budi Legowo, menjelaskan bahwa kegiatan literasi tersebut merupakan wujud komitmen BRI Insurance dalam mendorong pertumbuhan ekonomi syariah melalui peningkatan iiterasi dan inklusi asuransi syariah, khususnya di kalangan generasi muda.

“BRI Insurance menyadari pentingnya literasi asuransi sejak dini bagi para mahasiswa, khususnya di bidang aktuaria yang sangat relevan bagi dunia perasuransian karena mereka merupakan bibit-bibit penerus bangsa dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi syariah di masa mendatang,” ujar Budi dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (29/11/2023).

Merespons hal tersebut, Eka berharap, melalui kegiatan tersebut, para generasi muda menjadi lebih aware mengenai pentingnya memiliki asuransi sebagai proteksi diri sekaligus meningkatkan minat mereka untuk menjadi praktisi professional di bidang asuransi di masa depan.

Selain itu, dengan semangat menjadi mitra tepercaya yang andal untuk solusi perlindungan sesuai dengan visinya, BRI Insurance juga berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik untuk perlindungan yang aman dan mudah kepada masyarakat lewat proteksi kerugian yang dapat diakses secara mudah melalui aplikasi BRINSMobile dan website www.brins.co.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com