Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UGM Jadi Juara Umum Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional 2023

Kompas.com - 01/12/2023, 13:27 WIB
Carissa Juwita,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Prestasi membanggakan kembali diraih oleh mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM). Mahasiswa UGM meraih 29 medali yang meliputi 11 emas, 9 perak, dan 9 perunggu dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2023.

Prestasi tersebut sukses membawa UGM menjadi juara umum PIMNAS ke-36 yang berlangsung pada tanggal 27-30 November di Universitas Padjadjaran, Bandung.

Dalam penyelenggaraan PIMNAS yang berlangsung selama tiga hari tersebut, sebanyak 525 kelompok Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari 106 perguruan tinggi di Indonesia mengikuti kegiatan ini. Total peserta yakni 2.411 mahasiswa dan 77 juri.

Baca juga: Unair Telah Gapai Akreditasi Internasional dari 6 Institusi

Prof. dr. Ova Emilia, selaku rektor UGM mengatakan bahwa ia merasa bahagia dengan keberhasilan tim UGM yang berhasil menjadi juara umum PIMNAS tahun 2023 ini. Ia juga mengucapkan selamat kepada tim UGM. 

“Selamat untuk kontingen UGM bisa meraih juara umum kembali,” kata Prof. Ova pada Kamis (30/11/2023) di Bandung.

Ova juga mengatakan bahwa prestasi yang diraih tim UGM ini bukanlah hal yang mudah. Mengingat, PIMNAS merupakan salah satu kompetisi bergengsi di Indonesia dan diikuti oleh ribuan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi.

“Dengan kemenangan ini artinya kualitas penelitian dan karya yang dihasilkan tim mahasiswa UGM semakin baik,” kata Prof. Ova.

Baca juga: Beasiswa bagi Mahasiswa D4-S1 UGM, Ada Bantuan UKT Rp 4 Juta

Pada PIMNAS ke-36 ini UGM berhasil meloloskan 62 tim yang melaju di babak final dari 282 tim yang mendapatkan pendanaan pelaksanaan program.

Dari kontingen tersebut berhasil memperoleh 5 emas, 5 perak, dan 5 perunggu dari kategori presentasi. Kemudian, 6 emas, 4 perak, serta 4 perunggu dari kategori poster.

Prestasi lainnya juga datang dua mahasiswa UGM yang berhasil meraih penghargaan individu sebagai mahasiswa bertalenta. Penghargaan tersebut diperoleh Muhammad Jhony Fonsen kategori PKM PM 1 dan Seravin Afra Secunda kategori PKM K 4.

Prestasi ini dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa lain untuk mengikuti PIMNAS pada tahun berikutnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com