Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Menjadi Chef? Berikut 5 Kursus dan Sekolah Kuliner di Indonesia

Kompas.com - 01/12/2023, 10:33 WIB
Theresia Aprilie,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memasak adalah salah satu keterampilan yang banyak diminati oleh orang-orang dari berbagai usia dan latar belakang. Tidak hanya sebagai hobi atau kebutuhan sehari-hari, memasak juga bisa menjadi profesi yang menjanjikan dan menguntungkan.

Salah satu karier yang menjanjikan ketika kamu bisa memasak, yaitu dapat menjadi chef profesional, baik di restoran, hotel, kapal pesiar, dan lain-lain.

Namun, untuk menjadi chef yang handal dan berkompeten, tidak cukup hanya dengan belajar secara otodidak atau mengikuti resep dari internet.

Diperlukan pendidikan formal atau informal yang dapat memberikan pengetahuan, keterampilan, dan sertifikat yang diakui oleh industri kuliner.

Baca juga: Punya Hobi Makan atau Kuliner? 7 Jurusan Ini Cocok untuk Kamu

Di Indonesia, ada banyak kursus dan sekolah kuliner yang menawarkan program pendidikan di bidang kuliner, baik untuk pemula maupun yang sudah berpengalaman.

Berikut ini adalah lima kursus dan sekolah kuliner di Indonesia yang cocok untuk kamu yang ingin menjadi chef. 

1. Bogasari Baking Centre

Bogasari Baking Centre adalah salah satu kursus kuliner tertua dan terbesar di Indonesia yang berfokus pada bidang baking atau membuat kue. Bogasari Baking Centre memiliki banyak cabang di seluruh Indonesia.

Di sini, kamu akan belajar tentang teknik-teknik membuat kue, roti, pastry, cake, makanan lain yang berbahan dasar tepung. Kamu juga akan diajak untuk mengenal bahan-bahan, alat-alat, dan resep-resep yang digunakan.

Setelah menyelesaikan kursus, kamu bisa mendapatkan sertifikat dari Bogasari Baking Center. Biaya kursus di Bogasari Baking Centre bervariasi tergantung pada jenis dan durasi kelas yang dipilih, mulai dari Rp 300.000-an.

Untuk mengikuti kursus di Bogasari Baking Centre juga tidak terdapat persyaratan usia ataupun pendidikan yang harus dipenuhi peserta, kursus ini terbuka untuk umum.

2. Bali Culinary Pastry School

Bali Culinary Pastry School adalah sekolah kuliner yang terletak di Bali. Sekolah ini menyelenggarakan pendidikan profesional berstandar internasional dengan waktu relatif singkat.

Bali Culinary Pastry School menyediakan program di bidang culinary art dan pastry art. Sekolah ini memiliki kurikulum yang mengacu pada standar internasional, dengan menggabungkan teori dan praktek di kelas, dapur, dan restoran.

Terdapat program kelas yang bisa didaftar oleh peserta, yaitu Professional Chef Culinary, Professional Chef Pastry Bakery, Intensive Pastry Bakery dan The Apurva Chef.

Baca juga: Pakar IPB: Usaha Kuliner Kini Makin Meroket

Selain itu, sekolah ini juga memiliki fasilitas yang lengkap dan modern, seperti oven, mixer, chiller, freezer, dan lain-lain. Lulusan dari Bali Culinary Pastry School akan mendapatkan kompetensi yang sesuai dengan standar ASEAN Common Competency Standard for Tourism Professional (ACCSTP).

Untuk masuk Bali Culinary Pastry School, setidaknya pendaftar harus berusia 17 tahun dengan pendidikan terakhir SMA/SMK/MA, Diploma, atau Sarjana. Pendaftar juga harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris lisan dan tulisan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com