Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lulusan Baru Mau Kerja di Hotel? Ini 5 Bocoran Pertanyaan Wawancaranya

Kompas.com - 30/11/2023, 12:45 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Industri perhotelan dan pariwisata merupakan salah satu industri yang banyak diincar oleh lulusan pendidikan vokasi, mulai dari SMK, politeknik, maupun lembaga kursus dan pelatihan (LKP).

Industri ini kembali berkembang pesat setelah masa pandemi berakhir. Tak heran, banyak orang-orang yang bercita-cita untuk bekerja di industri perhotelan.

Baca juga: Lulus dari Undip, Marshanda Gapai IPK 3,66

Bila kamu salah satunya yang ingin bekerja di hotel, berikut bocoran pertanyaan saat interview atau wawancara saat melamar kerja di hotel.

Bocoran itu disampaikan oleh Wini Hayudi Putri yang merupakan alumnus pendidikan vokasi Jurusan Administrasi dari LKP P4M Mataram dan saat ini menjadi Human Resource Development (HRD) Manager di Prime Park Hotel & Convention Lombok.

Wini menjelaskan, seperti wawancara pada umumnya, pelamar harus percaya diri dan mempelajari posisi yang dilamar.

Setidaknya ada lima pertanyaan bila lulusan baru (fresh graduate) melakukan interview untuk kerja di hotel.

1. Pengenalan diri

Dalam mengawali wawancara, biasanya HRD akan menanyakan seputar pengenalan diri kandidat. Sampaikanlah profil singkat berupa nama, lulusan, dan pengalaman kerja secara umum sehingga memantik rasa penasaran HRD untuk bertanya lebih lanjut.

"Selain itu, jelaskan juga seperti apa visi misi kamu dan keseharian positif yang bisa kamu banggakan," kata dia dikutip dari laman Vokasi Kemdikbud, Kamis (30/11/2023).

2. Menceritakan pengalaman magang dan organisasi

Menurut Wini, bagi seorang HRD, untuk melihat kesungguhan kandidat adalah dilihat dari pengalaman yang dikerjakan ketika sekolah ataupun kursus perhotelan.

Bagi lulusan pendidikan vokasi, akan memiliki poin penting karena sudah memiliki pengalaman magang dan pembelajaran yang berbasis praktik. Sampaikan juga pengalaman organisasi yang pernah dijalani.

3. Tujuan bekerja

HRD juga, sebut dia, akan menanyakan terkait tujuan bekerja seorang kandidat. Hal ini untuk melihat kesungguhan kandidat dalam bekerja.

Baca juga: 6 PTN yang Buka Kelas Karyawan pada Jenjang S1, S2, dan S3

Maka dari itu, kamu dapat menyampaikan sejujurnya untuk menambah pengalaman dan jelaskan secara detail. Dengan begitu, akan menarik HRD untuk mempertimbangkan kamu.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com