Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Devina, Lulusan Undip dengan IPK 3,91 dan Gapai 4 Beasiswa

Kompas.com - 30/11/2023, 10:37 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Devina Meidy Fidelia Putri Pangudi menjadi lulusan terbaik Universitas Diponegoro (Undip) dengan IPK 3,91. Dia merupakan lulusan dari Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Undip.

Devina biasa disapa mengaku selama empat tahun menempuh studi di Undip, dia seperti menyusuri halaman sebuah peta yang membimbingnya menjelajahi kompleksitas pengetahuan dan dinamika sosial.

Baca juga: Mahasiswa ITB Ini Gapai IPK 4,00, Ini Tips Belajarnya

Sepanjang perjalanan ini, dia tidak hanya mendapatkan bekal ilmu, tetapi juga momen-momen berharga, membangun fondasi relasi yang kuat, dan meraih peluang-peluang baru.

"Kuliah di Undip bukan hanya persoalan mendapatkan gelar, tetapi sebuah perjalanan penuh warna yang membentuk saya menjadi versi terbaik dari diri sendiri," kata dia dikutip dari laman Undip, Kamis (30/11/2023).

Dia juga merupakan mahasiswi yang aktif dalam mengikuti beberapa organisasi dan kepemudaan di kampus.

Bahkan, dia juga aktif dalam mengikuti beberapa perlombaan pada bidang public speaking yang kemudian membawanya pada beragam kesempatan dan pengalaman berharga.

Devina pun sering menjadi pembicara yang berbagi tips and trick dalam Public Speaking dan Self-Development. Dia sering diundang menjadi pembicara pada berbagai acara, di antaranya Youth Leader Summit StudentsxCEO dan Self-Development Session Ruang Peduli by Ruang Guru.

Tak hanya itu, dia menjadi juara dalam Duta Nasional Mahasiswa Inspiratif Indonesia Kalimantan Selatan dan menjadi Pembicara Terbaik pada 2021.

Lalu menjadi Juara 2 National English Speech Competition SAEED, Juara 1 National English Speech Competition SECTION Unsoed pada 2021, dan banyak prestasi lain yang telah ia raih.

"Disela perkuliahannya, Devina juga menyempatkan diri untuk mengembangkan kemampuannya dan bekerja sebagai Digital Content Creator pada Kobi Education," ungkap Devina.

Baca juga: Sosok Fachriza, Wisudawan Terbaik ITB yang Dapat IPK 3,99

Gapai 4 beasiswa

Devina merupakan Mahasiswa Berprestasi FISIP pada tahun 2021-2022 yang mendapatkan 4 beasiswa dari Leads Indonesia, Event Hunter Indonesia, Bank Indonesia (GENBI), dan Bintang Mandiri MAI Institute.

Selain menjadi mahasiswa berprestasi, dia aktif dalam berorganisasi, seperti Generasi Baru Indonesia (GenBI) Undip sebagai wakil ketua Public Relation pada 2022 sampai dengan sekarang.

Pada tahun 2020, dia menjadi Ketua Diponegoro MUN Society.

Seimbangkan pendidikan dan organisasi

Devina begitu memahami akan pentingnya menyeimbangkan pendidikan dan organisasi.

Dia menyadari kesuksesan bukan hanya ditentukan oleh pengetahuan akademik semata, tetapi juga kemampuan untuk mengaplikasikan dan menguji kemampuan tersebut.

Baca juga: Lulus dari Undip, Marshanda Gapai IPK 3,66

"Lalu dapat memahami dinamika dalam rangka persiapan menghadapi tantangan dunia nyata," pungkas Devina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com