Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kampus Terbaik Bidang Kuliner bagi yang Ingin Jadi Chef

Kompas.com - 04/10/2023, 08:53 WIB
Theresia Aprilie,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bidang kuliner telah menjadi salah satu industri yang terus berkembang di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, bidang kuliner terus mengalami kemajuan berkat dukungan sektor pariwisatanya yang beragam.

Bidang ini tidak hanya memberikan kenikmatan melalui berbagai jenis makanan dan minuman yang menggoda selera, tetapi juga menciptakan peluang pekerjaan yang beragam.

Selain menjadi chef atau koki, ada juga profesi lain yang cocok untuk lulusan kuliner. Misalnya, menjadi pengusaha kuliner, barista, food stylist, bahkan yang lagi viralnya yaitu menjadi seorang food vlogger.

Baca juga: 5 PTN Ini Punya Jurusan Tata Boga untuk Calon Profesional Bidang Kuliner

Nah, buat kamu yang tertarik berkuliah di bidang kuliner, berikut 5 kampus di dunia dengan bidang kuliner terbaik.

1. Le Cordon Bleu, Prancis

Le Cordon Bleu merupakan kampus yang berfokus pada bidang perhotelan dan kuliner. Didirikan pada tahun 1886 di Paris, Prancis, kampus ini dikenal sebagai sekolah kuliner tertua di seluruh dunia.

Selain di Prancis, Le Cordon Bleu juga tersebar negara lain, seperti Australia, Kanada, Inggris, dll.

Silabus pembelajaran di sini mengikuti ajaran dari pendirinya, Auguste Escoffier, yang merupakan ahli masakan Prancis. Namun, seiring berjalannya waktu kampus ini juga memberikan pengajaran tentang cara modern menyajikan makanan.

Baca juga: Punya Hobi Makan atau Kuliner? 7 Jurusan Ini Cocok untuk Kamu

Alumni terkenal dari kampus ini yaitu adalah Chef Renatta Moeloek, Chef Marinka, Nagita Slavina, bahkan food vlogger yang lagi viral, Codeblu, dikabarkan pernah bersekolah di sini.

2. Culinary Art Academy, Switzerland

Terletak di negara yang dikenal dengan tradisi kuliner berkualitas tinggi, akademi ini menawarkan program-program unggulan yang membekali mahasiswa dengan pengetahuan mendalam tentang seni memasak, teknik kuliner, dan manajemen operasional dalam industri makanan dan minuman.

Culinary Art Academy dilengkapi dengan fasilitas modern yang memungkinkan siswa untuk belajar dan berlatih dengan baik. Fasilitas ini termasuk dapur yang dilengkapi dengan peralatan modern dan ruang kelas yang nyaman.

Baca juga: Beda Jurusan Teknologi Pangan dan Ilmu Gizi, Intip Prospek Kerjanya

Selain itu, Culinary Art Academy memiliki koneksi yang kuat dengan berbagai restoran dan hotel di seluruh dunia, di mana lulusan dapat lebih mudah untuk mendapatkan kerja melalui kemitraan ini.

3. The International Culinary Center

The International Culinary Center (ICC) adalah sebuah institusi pendidikan kuliner terkemuka yang berbasis di California, Amerika Serikat.

Sebagai lembaga pendidikan terkemuka secara global dalam bidang kuliner, pastry, dan keahlian profesional di industri anggur, ICC bertekad untuk membekali generasi mendatang dengan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi pemimpin dan inovator dalam industri kuliner.

Baca juga: Culinary Journey 2023, Dua Chef Qatar Nikmati Budaya Kuliner Medan, Papua, dan Bali

Selain itu, ICC juga berkomitmen untuk memfasilitasi jaringan dan koneksi yang diperlukan bagi para lulusannya untuk mencapai kesuksesan dalam industri makanan dan anggur.

Dengan mengintegrasikan keahlian praktis dengan teori terkini, ICC membantu para siswanya mempersiapkan diri untuk menanggapi tantangan dan memanfaatkan peluang dalam dunia kuliner yang terus berkembang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com