Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dosen Unpad Jadi Lulusan Terbaik Salah Satu Kampus di Jepang

Kompas.com - 02/10/2023, 11:57 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran Asep Sahidin mendapat penghargaan "Presidential Award on Academic Excellence" sebagai lulusan terbaik Graduated School of Bioresources Mie University, Jepang.

Pengumuman penghargaan tersebut disampaikan dalam kegiatan wisuda Mie University yang digelar di Sansui Hall, Jepang, Senin (25/9/2023).

Baca juga: Sosok Stanley, Lulus dari Jurusan Kedokteran UB dengan IPK 3,99

Pada wisuda tersebut, Asep didampingi Kepala Departemen Perikanan Prof. Zahidah dan Ketua Prodi Magister Perikanan Dr. Iskandar.

Dikutip dari laman Unpad, Senin (2/10/2023), memberitahukan Asep berhasil menyelesaikan studinya tepat waktu.

Melalui pembimbingan oleh Prof. Akira Komaru, penelitian Asep Sahidin yang berfokus pada jenis kerang air tawar telah menghasilkan delapan publikasi yang diterbitkan, baik sebagai first author dan co-author pada jurnal internasional bereputasi.

Salah satu judul publikasinya adalah “Color profile and microstructure of the nacre shell of an invasive freshwater mussel, Sinanodonta woodiana, at different elevations in West Java, Indonesia” yang diterbitkan dalam Aquaculture Journal, Elsevier.

Kendati risetnya sempat terhambat selama masa pandemi Covid-19, Asep mendapat dukungan penuh dari banyak pihak di kampus Mie University melalui omunikasi sangat baik dengan tim dosen kelompok riset sumberdaya perairan, juga rekan-rekan Departemen Perikanan FPIK Unpad.

Risetnya berjalan dengan baik sehingga masa studi dapat ditempuh tepat waktu.

Baca juga: Kisah Fauzan, Lulusan Sarjana UI dengan IPK Tertinggi 3,99

Selain itu, Asep juga sempat diangkat sebagai staf pengajar khusus internasional yang di unjuk langsung oleh Dekan Dekolah Bioresources, Mie University selama 1 Tahun 3 bulan, periode tahun 2021-2022.

Selain kemampuan akademiknya, Asep berperan aktif dalam Persatuan Pelajar Indonesia Komisariat Mie serta berperan di Islamic Center Prefecture Mie yang berpusat di Mie Mosque.

Dalam kegiatan perpisahan kecil di Laboratory of Aquagenetics, Profesor Akira Komaru sangat terkesan dengan kerja keras Asep.

Dia pun berharap Asep dapat terus melanjutkan risetnya di Indonesia.

Baca juga: 190 Lowongan Dosen CPNS 2023 di Unpad, Cek Formasinya

Sementara Prof. Zahidah juga menyampaikan selamat atas pencapaian ini dan memastikan bahwa kerja sama riset yang telah dilakukan akan terus berlanjut di masa mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com