Kompas.com - 20/11/2021, 09:44 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Itulah mengapa, bisnis makanan akan terus ada dan membutuhkan SDM untuk memenuhi kebutuhan.

Seiring perkembangan zaman, makanan tak hanya dijadikan penghilang lapar, namun juga menjadi kesenangan, hingga sosialisasi.

Kemajuan sektor pariwisata Indonesia juga menjadi salah satu alasan mengapa bidang kuliner semakin populer dan diminati anak muda.

Selain menjadi chef, masih banyak prospek kerja yang ditawarkan jurusan tersebut, seperti barista, baker, pengajar tata boga, food service manager, hingga menjadi wirausahawan kuliner.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah dengan Jumlah Mahasiswa Drop Out Terbanyak

Nah, bagi kamu yang memiliki ketertarikan di bidang kuliner dan ingin menjadi seorang profesional, sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) memiliki jurusan Tata Boga.

Berikut 5 PTN di Indonesia yang memiliki jurusan Tata Boga, merangkum Zenius Education:

1. Universitas Pendidikan Indonesia

UPI merupakan salah satu PTN yang memiliki jurusan Tata Boga. Program Studi Pendidikan Vokasi Seni Kuliner berada di bawah Fakultas Teknologi dan Kejuruan UPI.

Ada tiga peminatan yang ditawarkan, yaitu Pastry, Jasa Boga dan Dietetika.

2. Universitas Negeri Jakarta

UNJ memiliki dua program studi Tata Boga, yaitu Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga dan Program Studi D3 Tata Boga.

Nantinya, kamu akan memiliki gelar S.Pd sebagai syarat menjadi pengajar Tata Boga di SMP/SMA, pengelolaan toko kue dan roti untuk kamu yang ingin memiliki usaha sendiri.

Baca juga: 8 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Kepribadian Introvert

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.