Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Biaya Masuk SMA Taruna Nusantara? Persiapan Daftar 2024/2025

Kompas.com - 01/12/2023, 06:35 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berapa biaya masuk SMA Taruna Nusantara perlu diketahui baik siswa dan orangtua.

SMA Taruna Nusantara merupakan sekolah swasta yang berada di Magelang, Jawa Tengah. Jika ingin melanjutkan pendidikan sekolah menengah atas di sekolah ini, perlu menyiapkan dana pendidikannya juga.

Sebelum tahu berapa biaya masuk SMA Taruna Nusantara, siswa kelas 9 yang ingin mendaftar SMA Taruna Nusantara tahun ajaran 2024/2025 perlu tahu bahwa biaya masuk di SMA Taruna Nusantara berbeda-beda bergantung jalur yang dipilih saat mendaftar.

Komponen biaya di SMA Taruna Nusantara seperti Biaya Operasional Pendidikan (BPP) atau Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) tiap bulan, uang pangkal, uang komite sekolah hingga uang kontribusi khusus.

Baca juga: ITS Buka 3 Prodi Baru, Cek Biaya Kuliah dan Daya Tampungnya

Biaya masuk SMA Taruna Nusantara s esuai jalur masuknya

Dilansir dari laman resmi SMA Taruna Nusantara, Jumat (1/12/2023) membagikan informasi berapa biaya masuk SMA Taruna Nusantara jika mengacu pada tahun ajaran 2023/2024.

1. Jalur Beasiswa

Siswa kelas 9 yang mendaftar di SMA Taruna Nusantara lewat jalur Beasiswa akan dibebaskan dari sejumlah komponen pembiayaan. Atau bisa dikatakan siswa bisa bersekolah gratis.

Siswa dibebaskan dari biaya uang pangkal, uang komite sekolah, uang kontribusi khusus, biaya operasional pendidikan.

Siswa yang lolos lewat jalur Beasiswa di Taruna Nusantara tetap akan membayar sumbangan sukarela yang diisi sesuai kesanggupan.

2. Jalur Iuran

Sedangkan siswa kelas 9 yang mendaftar di SMA Taruna Nusantara lewat jalur Iuran akan membayar sejumlah biaya sekolah. Berikut rinciannya:

  • Uang pangkal: Rp 50 juta
  • Uang komite sekolah: Rp 1 juta
  • Biaya operasional pendidikan atau seperti SPP sebesar Rp 5 juta per bulan selama menempuh pendidikan di SMA Taruna Nusantara.

Siswa yang diterima lewat jalur ini dibebaskan dari uang kontribusi khusus. Namun tetap membayarkan sumbangan sukarela dengan nominal diisi sesuai kesanggupan.

Baca juga: 3 Beasiswa S2 ke Brunei Darussalam, Kuliah Gratis-Tunjangan Hidup

3. Jalur Kontribusi Khusus

Jalur masuk ke SMA Taruna Nusantara yang ketiga adalah jalur Kontribusi Khusus. Siswa kelas 9 yang mendaftar lewat jalur ini harus menyiapkan biaya yang cukup besar. Pasalnya siswa juga wajib membayar uang pangkal dengan nominal tertentu.

Berikut komponen pembiayaan yang wajib dibayarkan siswa yang mendaftar di SMA Taruna Nusantara lewat jalur Kontribusi Khusus:

  • Uang pangkal: Rp 50 juta
  • Uang komite sekolah: Rp 1 juta
  • Uang kontribusi khusus: Rp 125 juta
  • Biaya operasional pendidikan atau SPP: Rp 5 juta per bulan selama pendidikan
  • Sumbangan Sukarela diisi sesuai kesanggupan.

Namun siswa yang dinyatakan lolos di SMA Taruna Nusantara, selama pendidikan, tidak ada lagi biaya tambahan ataupun biaya tersembunyi. Semua sudah tercakup dalam Iuran Sekolah.

Baca juga: Biaya Sekolah di SMA Taruna Nusantara Jalur Beasiswa, Apakah Gratis?

Demikian informasi mengenai berapa biaya masuk SMA Taruna Nusantara yang perlu diketahui baik siswa maupun orangtua.

Sehingga bersekolah di SMA Taruna Nusantara apakah gratis atau berbayar, bergantung pada jalur yang kamu pilih saat mendaftar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com