Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Perbedaan Jenjang Kuliah D3, D4, dan S1, Calon Mahasiswa Wajib Tahu

Kompas.com - 30/11/2023, 12:12 WIB
Theresia Aprilie,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada awal tahun 2024, para pelajar SMA/sederajat akan mulai menjalani Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB).

Ketika akan masuk ke dunia kuliah, selain memilih jurusan pelajar juga akan dihadapkan untuk memilih jenjang kuliah.

Jenjang kuliah bagi calon mahasiswa di Indonesia beragam, yang paling familiar adalah D3,D4, atau S1.

Baca juga: Biaya Kuliah di ITB Jalur SNBP, Siswa Kelas 12 Persiapan Daftar

Supaya tidak salah memilih jenjang kuliah, ketahuilah perbedaan jenjang kuliah antara D3, D4, dan S1.

Dilansir dari laman resmi Institut Teknologi Telkom Surabaya, berikut ini beberapa perbedaannya.

1. Waktu studi

Jenjang D3, D4, dan S1 memiliki perbedaan waktu studi. Jenjang D3 atau biasa disebut sarjana muda adalah jenjang pendidikan yang setara dengan diploma vokasi.

Biasanya membutuhkan waktu studi selama 2-3 tahun dengan total 112 SKS yang berfokus kepada pengetahuan praktis bidang tertentu.

Selanjutnya, D4 atau sarjana terapan memiliki masa studi selama 4 tahun dengan total 144 SKS lebih berfokus pada pengetahuan praktis yang mendalam.

Lalu, S1 membutuhkan waktu studi selama 4 tahun dengan 144 SKS yang fokusnya pada pengetahuan teoritis diimbangi pengetahuan praktis dalam bidang tertentu.

2. Jalur masuk

Jalur masuk D3 sendiri bisa melalui jalur vokasi yang tersedia di politeknik atau universitas. Lalu, untuk D4 bisa masuk melalui jalur vokasi, ujian mandiri, SNBP atau SNBT.

Sementara itu, untuk jalur S1 dapat masuk menggunakan jalur SNBP, SNBT, atau jalur mandiri yang dimiliki setiap universitas.

Baca juga: 6 PTN yang Buka Kelas Karyawan pada Jenjang S1, S2, dan S3

3. Gelar setelah lulus

Lulusan D3 akan memiliki gelar Ahli Madya (A.Md). Untuk lulusan D4 akan menerima gelar Sarjana Terapan (S.Tr).

Sementara itu, lulusan S1 akan menerima gelar Sarjana sesuai bidang keilmuan yang didalami, misalnya S.Ikom (untuk jurusan Ilmu Komunikasi).

4. Jenjang studi tingkat lanjut

Lulusan D3 harus mengambil kuliah S1 terlebih dahulu sebelum menempuh jenjang S2. Berbeda dengan jenjang D4 atau S1 yang bisa langsung melanjutkan studi S2.

5. Sistem perkuliahan

Mahasiswa D3 dan D4 akan lebih banyak diberikan tugas praktik guna membiasakan diri mereka untuk mengerjakan tugas ketika bekerja.

Baca juga: 5 Beasiswa D3, S1-S3 ke Malaysia Banyak Fasilitas dan Uang Saku

Sedangkan, mahasiswa S1 dituntut untuk menguasai teori dan mencari gagasan dan solusi. Sehingga, mereka akan lebih sering mendengarkan pemaparan teori dibandingkan dengan praktik langsung.

Itu dia 5 perbedaan antara jenjang D3, D4, dan S1. Setiap jenjang tentunya memiliki keunggulan dan kebutuhan yang berbeda-beda di dunia industri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com