Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Kampus Luar Negeri yang Peluang Diterima Tinggi, Ada Beasiswa Juga

Kompas.com - 29/11/2023, 09:36 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Peluang lolos di kampus top dunia menggunakan beasiswa mungkin sangat kecil.

Namun tiap tahun selalu ada beberapa mahasiswa Indonesia yang berhasil lolos kampus top dunia baik menggunakan beasiswa maupun biaya mandiri.

Tapi tahukah kamu bahwa ada beberapa kampus di luar negeri yang peluang diterimanya sangat tinggi.

Meski peluang lolos dan diterima di kampus luar negeri ini sangat besar, namun kampus ini juga memiliki kualitas yang bagus. Selain itu, ada juga program beasiswa yang bisa membuat kamu kuliah gratis di kampus tersebut.

Baca juga: Tips Menulis Curriculum Vitae ATS Friendly ala Psikolog UGM

Kampus luar negeri dengan peluang diterima tinggi

Dilansir dari laman Schoters, Rabu (29/11/2023) dikatakan peluang diterima di kampus ini tinggi karena kamu tinggal memenuhi beberapa syarat pendaftaran dan seleksi. Setelah itu kalian tinggal menunggu pengumuman dari universitas tersebut. Berikut 4 kampus luar negeri yang peluang diterima tinggi:

1. University of Debrecen, Hongaria

Jika kamu ingin melanjutkan pendidikan ke Hongaria, maka kampus ini bisa dipilih. Universitas ini didirikan pada tahun 1538, dan menjadi salah satu universitas tertua dan terbesar di Hongaria.

Fakultas-fakultas unggulan yang menjadi minat mahasiswa Indonesia di University of Debrecen adalah Faculty of Medicine, Faculty of Economics, dan Faculty of Engineering.

University of Debrecen menduduki peringkat ke-591-600 dalam QS World University Rankings. Universitas ini juga memiliki tingkat penerimaan yang tinggi, sehingga mahasiswa Indonesia memiliki peluang besar untuk diterima.

Untuk kuliah secara gratis di University of Debrecen, kalian bisa mencoba mendaftar pada beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Hungaria yakni Stipendium Hungaricum.

Universitas ini juga memiliki fasilitas lengkap dan termutakhir. Salah satunya adalah Klinikal Skills and Simulation Center yang dilengkapi dengan peralatan medis canggih untuk melatih mahasiswa kedokteran dan ilmu kesehatan.

2. Sakarya University, Turki

Turki juga menjadi salah satu negara favorit yang dipilih mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan pendidikan. Agar peluang diterimanya tinggi, kamu bisa memilih Sakarya University yang sudah berdiri sejak tahun 1970 silam.

Sakarya University (UniSAKU) dikenal sebagai salah satu universitas terkemuka di Turki. Fakultas-fakultas unggulan di UniSAKU adalah Faculty of Engineering and Natural Sciences dan Faculty of Economics and Business Administration.

Dalam pemeringkatan yang dilakukan oleh QS World University Rankings, Sakarya University menduduki peringkat 1201+.

UniSAKU memiliki persentase penerimaan yang tinggi sehingga kesempatan kalian diterima di UniSAKU juga tinggi. Kalian dapat memperoleh beasiswa untuk kuliah gratis menggunakan beasiswa Türkiye Burslari.

Sakarya University makin menarik karena memiliki museum arkeologi yang menampilkan artefak dan benda-benda bersejarah dari zaman kuno hingga zaman modern.

Baca juga: Beasiswa Unggulan Kemendikbud untuk Semester Berapa? Ini Jawabannya

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com