Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk Mengenal Jurusan Teknik Perkeretaapian Itera

Kompas.com - 28/11/2023, 12:27 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber Itera

KOMPAS.com - Salah satu program studi di Institut Teknologi Sumatera (Itera) ini termasuk baru atau belum lama dibuka.

Namanya Prodi atau Jurusan Teknik Perkeretaapian yang resmi berdiri pada 5 Agustus 2020. Fokus dari prodi ini ialah penyelenggaraan pendidikan teknik perkeretaapian pada bidang manajemen, sistem operasi, prasarana, dan mekanik.

Dilansir dari laman Itera, kurikulum program sarjana strata-1 Teknik Perkeretaapian Itera ditempuh melalui proses pembelajaran sebanyak 144 SKS selama 8 semester.

Tujuan dari terbentuknya Prodi Teknik Perkeretaapian Itera tertuang juga dalam visi program studi, yaitu bersaing, terintegrasi, teknologi tinggi, bersinergi dengan industri, terjangkau, dan responsif terhadap pembangunan skala nasional.

Baca juga: Kisah Grisella Lulus Cumlaude dari Itera, Pernah Dapat Beasiswa Bank Indonesia

Bagi yang tertarik untuk masuk jurusan kuliah ini, harus tahu lebih dalam prodi tersebut.

Terakreditasi "Baik"

Program Studi Teknik Perkeretaapian Institut Teknologi Sumatera berhasil memperoleh akreditasi “BAIK” pada Rabu (24/10/2023).

Akreditasi ini diberikan dan dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Dengan dikeluarkannya akreditasi tersebut, menegaskan bahwa Program Studi Teknik Perkeretaapian Itera menjadi satu-satunya program studi dengan jenjang S1 Perkeretaapian pertama di Indonesia yang terakreditasi oleh BAN-PT.

Diterbitkannya akreditasi Teknik Perkeretaapian Itera dengan predikat “BAIK” memberi semangat baru dan harapan yang cerah untuk Program Studi Teknik Perkeretaapian Itera.

Baca juga: Dosen Itera Belajar di Nagoya University, Ini yang Dikaji

Sedangkan tujuan didirikannya Teknik Perkeretaapian Itera untuk meningkatkan kualitas program studi dengan akreditas menjadi unggul.

Kualitas lulusan, unggul dalam bidang perkeretaapian, unggul dalam bidang prestasi akademik dan non-akademik, serta mampu bersaing dalam dunia kerja.

Program Studi Teknik Perkeretaapian Itera memiliki visi keilmuan untuk berkontribusi pada pengembangan sumber daya manusia serta teknologi perkeretaapian yang unggul di tingkat nasional, regional, dan internasional.

Dari sisi sistem atau bahan yang menjadi fokus kajian, baik dalam kelas maupun tugas akhir, kajian akan berfokus pada sistem, bahan, maupun kondisi infrastruktur fasilitas perkeretaapian di Pulau Sumatera.

Selain itu, Prodi Teknik Perkeretaapian Itera juga menjalin kerja sama dengan instansi dan perusahaan di bidang kereta api untuk mendukung lulusan lulusan agar lebih mudah mencari lapangan pekerjaan.

Dengan tenaga pendidik yang kompeten diharapkan dapat menyumbangkan inovasi dan solusi dari permasalahan di bidang transportasi di darat, khususnya perkeretaapian di Indonesia.

Prospek kerja

Adapun lulusan Prodi Teknik Perkeretaapian Itera diharapkan mampu menjadi:

1. Pelaku industri perkembangan perkeretaapian Indonesia.

2. Peneliti persinyalan, sarana, dan prasana perkeretaapian.

Baca juga: Ini Boneka Berbasis IoT untuk Terapi Wicara Anak Inovasi Mahasiswa Itera

3. Pendidik (dosen) teknik perkeretaapian dengan terlebih dahulu melanjutkan studi S2/S3 di bidang teknik perkeretaapian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com