Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Keuntungan Jadi Pengurus OSIS, Bisa Daftar PTN Jalur Khusus

Kompas.com - 23/11/2023, 11:50 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada beberapa keuntungan jadi pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Selain belajar berorganisasi, menjadi pengurus OSIS, terlebih bisa menjabat sebagai Ketua OSIS, akan memperluas kesempatan siswa mendaftar perguruan tinggi.

Sebagai organisasi yang mewadahi siswa, OSIS menjadi cikal bakal atau rintisan organisasi berikutnya saat berada di dunia kampus. Seperti BEM, UKM, ORMAWA, maupun organisasi kepemudaan lain di jenjang perguruan tinggi.

Menjadi pengurus OSIS bisa menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi sebagian siswa. Dengan predikat sebagai pengurus, siswa dapat menempa diri mereka menjadi sosok yang lebih matang dan kokoh dalam menghadapi tantangan.

Baca juga: Beasiswa Santri Baznas 2023 Dibuka, Ada Bantuan Rp 4 Juta Per Siswa

Keuntungan jadi pengurus OSIS

Pengurus OSIS juga bisa menambah relasi dan jaringan pertemanan dengan sesama pengurus OSIS lainnya. Bahkan, pengurus OSIS juga memiliki peluang untuk mengikuti event atau forum-forum penting dengan pengurus OSIS lainnya di Indonesia.

Dilansir dari laman Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Kamis (23/11/2023) ada banyak manfaat dalam peningkatan kapasitas diri dan kemampuan serta dalam rangka mendorong tumbuhnya kepekaan sosial antar-sesama saat menjadi pengurus OSIS. Berikut keuntungan jadi pengurus OSIS yang perlu diketahui siswa:

Pertama, keuntungan jadi pengurus OSIS yang paling berguna untuk masa depan yakni bertambahnya pengalaman. Akan banyak sekali kegiatan dan aktivitas keorganisasian yang akan memberi pengalaman yang sangat berguna: problem solving, team management, event organizing, dan lain-lain.

Baca juga: Beasiswa S2 ke Belgia Tanpa Wawancara, Uang Saku Rp 23 Juta Per Bulan

Kedua, lebih dikenal dan banyak relasi. Termasuk keuntungan yang memberi peluang sukses masa depan.


Baca juga: 15 SMA Yayasan Katolik Terbaik di Indonesia, Nomor 7 dari Yogyakarta

Dengan adanya posisi diri yang dikenal banyak orang atau pejabat, serta didukung dengan relasi yang luas maka akan menjadi solusi saat posisi kamu membutuhkan bantuan. Sebagian orang sukses karena faktor teman dan relasi yang dimiliki.

Ketiga, melatih tanggung jawab. Keuntungan jadi pengurus OSIS berikutnya adalah bisa melatih tanggung jawab pada diri siswa. Dengan berbagai kegiatan serta beban sebagai pengurus akan mengasah rasa tanggung jawab siswa secara pribadi maupun secara sosial.

Kamu lebih menghargai waktu, lebih tanggungjawab atas kewajiban pribadi. Secara sosial dalam artian tanggung jawab berkaitan dengan orang lain dan organisasi, lebih Amanah.

Keempat, melatih kerjasama tim. Kemampuan ini sangat dibutuhkan saat siswa sudah terjun di dunia kerja.

Banyak karyawan hebat dengan skill mumpuni namun karier gagal karena tidak memiliki kemampuan Kerjasama yang bagus dalam sebuah tim.

Kelima, peluang kuliah melalui jalur beasiswa atau jalur lain yang biasa disediakan perguruan tinggi negeri maupun swasta. Keuntungan ini yang paling diinginkan ketika menjadi pengurus OSIS atau Ketua OSIS.

Kamu bisa punya kesempatan kuliah dengan beasiswa atau mendaftar lewat jalur khusus yang disediakan perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta.

Baca juga: Sekian Bantuan Biaya Hidup KIP Kuliah 2024, Capai Rp 1,4 Juta Per Bulan

Itulah keuntungan menjadi pengurus OSIS yang perlu diketahui para siswa. Selagi masih sekolah, isilah hari-hari dengan kegiatan positif termasuk aktif berorganisasi di OSIS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com