Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjuangan Marchelin, Raih Gelar Sarjana dan Jadi Tumpuan Keluarga

Kompas.com - 20/11/2023, 10:49 WIB
Theresia Aprilie,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Meraih gelar sarjana adalah impian banyak orang, tetapi tidak semua orang bisa meraihnya dengan mudah.

Terlebih, bagi mereka yang berkuliah sekaligus harus menjadi tumpuan bagi keluarga.

Baca juga: 10 PTS dengan Jurusan Teknik Informatika Terbaik, Nomor 1 Binus

Hal inilah yang dirasakan oleh Marchelin Putri Kijne Wally, wisudawan dari Binus University, yang baru saja meraih gelar sarjana Manajemen.

Marchelin merupakan putri asal Papua yang berkuliah di Binus University menggunakan beasiswa afirmasi ADIK Papua.

Beasiswa itu merupakan sebuah program beasiswa yang diberikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) untuk mahasiswa berprestasi dari Papua dan Papua Barat.

Dengan tekad luar biasanya, dia yakin dapat meraih pendidikan setinggi-tingginya untuk menggantikan peran kedua orangtuanya yang telah meninggal bagi kedua adiknya.

"Wisuda ini saya persembahkan untuk kedua orangtua yang sedang menyaksikan di surga dan juga untuk kedua adik saya. Sangat bersyukur, dapat menyelesaikan kuliah yang saya jalani dengan pengalaman belajar yang luar biasa," ucapnya dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Senin (20/11/2023).

Baca juga: 79 Perguruan Tinggi Berstatus Akreditasi Unggul dari BAN-PT

Selama berkuliah, Marchelin juga tidak melewatkan kesempatan untuk memperdalam kemampuan dan ilmunya dengan melakukan magang di perusahaan-perusahaan ternama, seperti di PT Freeport Indonesia dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI).

Dua pengalaman magang ini menjadi bekal berharga bagi Marchelin untuk meraih cita-citanya.

Terlebih, selama menjalani proses perkuliahan dirinya mengaku merasakan kenyamanan dalam proses belajar lantaran terus didukung fasilitas yang memadai.

"Kenyamanan dan kemudahan proses belajar mengajar, dukungan fasilitas yang serba digital, hingga kesempatan magang pada dua perusahaan besar, menjadi bekal berharga bagi saya untuk meraih cita-cita dan memberikan dampak bagi keluarga dan masyarakat," ungkapnya.

Baca juga: Kisah Grisella Lulus Cumlaude dari Itera, Pernah Dapat Beasiswa Bank Indonesia

Marchelin juga bermimpi untuk bisa memberdayakan serta memberikan kontribusi positif bagi keluarga dan masyarakat, khususnya membangun daerah asalnya, yaitu Papua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com