Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Triyulia, Merantau dan Lulus Dapat IPK 3,9 dari UPNVY

Kompas.com - 30/10/2023, 14:57 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Merantau saat kuliah dan bertekad lulus dengan capaian terbaik dilakukan oleh Triyulia Reveni.

Triyulia adalah mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta atau UPNVY yang lulus dengan predikat Karya Cendekia. 

Perlu diketahui dulu, UPN Yogyakarta memberikan gelar Karya Cendekia kepada mahasiswa dengan prestasi akademik, lulus dengan masa studi singkat, berprestasi di luar kampus, dan aktif di kegiatan organisasi maupun sosial.

Predikat Karya Cendekia tidak hanya bisa diraih oleh wisudawan terbaik program Sarjana (S1) melainkan mahasiswa program Diploma (D3) juga memiliki hak yang sama.

Baca juga: Erica Lulus S1 di IPB dengan IPK 4,00 dan Sudah Bekerja di Pertamina

Pada gelaran wisuda Oktober 2023 ini, Triyulia bersama 15 mahasiswa lainnya mendapatkan gelar ini.

Ia sendiri lulus dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sebesar 3,9 dalam masa studi selama 3 tahun 8 bulan 27 hari.

Triyulia mengatakan bahwa untuk meraih predikat Karya Cendekia tentu melalui banyak tantangan selama masa studinya.

Terlebih lagi selama masa perkuliahan ia termasuk mahasiswa yang aktif berorganisasi dan berkesenian hingga berprestasi di taraf nasional hingga internasional bersama Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) paduan suara Vocalista Paradisso (VP).

"Selama masa perkuliahan tidak hanya sibuk mengejar akademik, saya cukup aktif juga berkegiatan di Unit Kegiatan Mahasiswa paduan suara Vocalista Paradisso," tuturnya dilansir dari laman UPN Veteran Yogyakarta

Baca juga: Cerita Avida, Lulus S2 dari IPB dengan IPK 4

Mahasiswi Program Studi Akuntansi ini berbagi kisah inspiratifnya bahwa aktif di organisasi bukanlah kendala untuk tidak berprestasi secara akademik, keseimbangan antara keduanya justru yang mengantarkan ia kepada predikat Karya Cendekia.

"Aktif di Vocalista Paradisso sejak maba sampai tahun ketiga kuliah, tapi tetap harus berimbang sama akademik juga. Selain kuliah dan organisasi saya juga cari peluang lewat magang secara mandiri sebagai Accounting Staff di salah satu IT Consultant di Jogja," ujar Triyulia.

Alumnus SMAN 4 Bogor ini juga menambahkan, keinginan untuk membuat orangtuanya bangga menjadi motivasi terkuatnya untuk mengejar prestasi selama berkuliah.

"Selama kuliah ini jadi ajang pembuktian juga kepada orang tua, mengingat tanggungjawab kita kan kuliah dengan baik terus cepat lulus, punya prestasi selama kuliah jadi bonus yang bisa bikin bangga orang tua juga," kata dia.

Sementara pada wisuda untuk program Diploma, Sarjana, dan Magister pada periode ke-1 tahun akademik 2023/2024 pada Sabtu (21/10/2023) lalu ada sebanyak 1.192 mahasiswa diwisuda dengan rincian sebanyak 64 wisudawan Magister (S2), 1.079 wisudawan Sarjana (S1), dan 49 wisudawan Diploma (D3). Jumlah tersebut jadi yang terbanyak pasca-pandemi.

Rektor UPN Veteran Yogyakarta, Mohamad Irhas Effendi mengatakan bahwa keberhasilan para wisudawan bukan hanya menjadi kebanggaan bagi diri sendiri, tetapi juga bagi keluarga mereka dan institusi pendidikan yang mendukung mereka selama perjalanan akademiknya.

"Pada periode wisuda ini, banyak lulusan dengan predikat cumlaude telah mencapai prestasi akademik tertinggi melalui kerja keras, dedikasi, dan kecerdasan mereka selama masa studi mereka. Mereka membuktikan kemampuan luar biasa dalam mencapai prestasi akademik yang luar biasa dengan raihan nilai tertinggi," terang Rektor dalam sambutannya.

Baca juga: 5 Ciri Teman Toxic di Dunia Perkuliahan

Irhas juga menambahkan bahwa prestasi mereka mencerminkan tingkat komitmen dan dedikasi yang luar biasa dalam mengejar pengetahuan dan pencapaian akademik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com