Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/11/2023, 06:51 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kuliah S2 online tentu banyak dicari para pekerja atau karyawan yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

Kuliah S2 online atau dengan menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) sangat membantu para pekerja agar tetap bisa kuliah di tengah kesibukan bekerja.

Di Indonesia, ada beberapa kampus ternama baik perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta yang menyediakan program kuliah S2 online.

Dilansir dari masing-masing laman perguruan tinggi, Sabtu (18/11/2023) berikut deretan kampus yang menyediakan kuliah S2 online.

Baca juga: Rekomendasi S2 Teknik Lingkungan Kelas Karyawan dan Kampusnya

1. Universitas Terbuka (UT)

Universitas Terbuka adalah kampus pertama di Indonesia yang menawarkan program kuliah S2 online.

Program ini sudah berjalan sejak tahun 2004 silam. Berikut program studi yang tersedia di UT mulai dari Magister Manajemen (MM), Magister Pendidikan (MPd), dan Magister Ilmu Hukum (MHum), dan lain sebagainya.

Adanya kuliah S2 online ini dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat yang sangat terkendala tempat dan waktu tetapi memiliki kemampuan untuk komunikasi secara online.

Program ini sepenuhnya menggunakan model pembelajaran berbasis teknologi informasi mulai dari pendaftaran (admisi), registrasi matakuliah semester, proses belajar, bimbingan belajar, dan bantuan layanan belajar.

Mahasiswa melakukan proses pembelajaran dengan menggunakan internet dan paket materi belajar multimedia, tidak perlu datang ke kantor UT dan/atau cabangnya di daerah kecuali saat ujian akhir semester, Bimbingan Tesis Residensial, dan ujian sidang Tugas Akhir Program Magister (TAPM).

2. Universitas Esa Unggul

Kampus berikutnya yang menyediakan kuliah S2 online adalah Universitas Esa Unggul. Program Kelas Karyawan Universitas Esa Unggul bertujuan memberikan kesempatan kepada anda yang sibuk bekerja untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas di Jenjang pendidikan tinggi.

Jurusan yang tersedia di Universitas Esa Unggul untuk program S2 online, mulai dari Magister Administrasi Publik, Magister Ilmu Komputer, Magister Ilmu Komunikasi, Magister Akuntansi, hingga Magister Administrasi Rumah Sakit.

Beberapa keunggulan kuliah S2 online di Universitas Esa Unggul antara lain kurikulum dan proses belajar diatur secara sistematis agar mahasiswa lulus tepat waktu, jadwal kuliah bisa dipilih mahasiswa, biaya studi terjangkau dan dapat diangsur sesuai kemampuan dan tidak ada batasan umur mahasiswa.

Baca juga: 15 SMA Yayasan Katolik Terbaik di Indonesia, Nomor 7 dari Yogyakarta

3. Universitas Bina Nusantara (Binus)

Universitas Bina Nusantara (Binus) menawarkan beberapa program studi S2 online di beberapa bidang, seperti di bidang Manajemen, Teknologi Informasi, dan Komunikasi. Program S2 online Binus menggunakan sistem pembelajaran secara daring penuh.

4. Universitas Ciputra

Universitas Ciputra Online (UC Online) merupakan program perkuliahan bergelar S1 dan S2 yang dilaksanakan secara full 100 persen online jarak jauh dan berkualitas. Program S2 online di berbagai bidang, mulai bidang Manajemen, Akuntansi, dan Teknik.

Pembelajaran kuliah secara online dan mandiri di Universitas Ciputra ini dilakukan melalui platform Learning Management System yang handal, lengkap, mudah diakses, dan terintegrasi.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com