Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Puteri Kesenian Jakarta 2023, Etenia Croft Ajak Anak Indonesia Bangga Budaya Bangsa

Kompas.com - 18/11/2023, 17:15 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Etenia Croft (10 tahun) terpilih sebagai Puteri Kesenian DKI Jakarta 2023 dan mewakili Provinsi DKI Jakarta dalam pemilihan Puteri Kesenian Cilik Indonesia 2023 yang akan digelar pada 22-26 November 2023.

Etenia juga dikenal sebagai duta pelajar yang kerap mengajak anak Indonesia bangga dan kesenian bangsanya.

Sebelumnya, Etenia Croft juga meraih prestasi mewakili kontingen Indonesia di ajang kompetisi "Asia Pacific Arts Festival" yang diadakan di Bangkok, Thailand pada 23-25 Juni 2023.

Etenia Croft menjuarai ajang kompetisi dengan mendapatkan "Gold Distinction Award" untuk kategori Solo Vocal yang diikuti 165 perwakilan peserta se-Asia Pasifik.

Mewakili DKI Jakarta dalam ajang pemilihan Putera-Puteri Kesenian Indonesia 2023, Etenia Croft membawa tema kampanye "Kekayaan Budaya Indonesia, Investasi Kita". Etenia mengungkapkan bahwa ia sangat mencintai budaya dan kesenian Indonesia.

Menurutnya, budaya dan kesenian Indonesia memiliki nilai sangat berharga dan dapat menjadi aset penting bagi masa depan bangsa.

"Budaya dan kesenian Indonesia itu mengajarkan banyak hal untuk kita semua. Misalnya, cerita si Pitung mengajarkan kita tentang perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajah. Kita harus bangga dengan sejarah dan perjuangan bangsa kita," ujar Etenia.

Etenia juga menjelaskan, budaya dan kesenian Indonesia dapat menjadi daya tarik wisata yang dapat meningkatkan perekonomian bangsa.

"Budaya dan kesenian Indonesia itu unik dan menarik," kata Etenia, "kalau kita bisa menjaga dan melestarikannya, pasti banyak turis yang datang ke Indonesia. Hal ini akan meningkatkan perekonomian bangsa."

Untuk mendukung kampanyenya, Etenia membuat komik-komik kecil yang menceritakan tentang kekayaan budaya DKI Jakarta. Komik-komik tersebut menceritakan tentang cerita-cerita rakyat Jakarta yang lucu dan mendidik.

"Komik-komik ini saya bagikan secara gratis ke teman-teman semua," ujar Etenia. "Saya ingin mengajak anak-anak Indonesia untuk mengenal budaya dan kesenian bangsa kita," tambahnya.

Baca juga: Dukung Kreativitas Generasi Milenial, Pj Gubernur Heru Hadiri Acara Musik dan Pameran Kesenian di TIM

Etenia Croft menunjukkan anak-anak juga dapat berperan aktif dalam melestarikan budaya dan kesenian bangsa.

"Teman-teman dapat belajar tentang budaya dan kesenian melalui berbagai media, seperti buku, komik, film, dan internet. Teman-teman juga dapat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan budaya dan kesenian, seperti pertunjukan seni, festival budaya, dan lomba kesenian," pesannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com